Press Release: Menteri PP & PA Sampaikan Duka Mendalam Atas Tewasnya 17 Pelajar dalam Kecelakaan Tunggal di Tapanuli Tengah

  • Dipublikasikan Pada : Senin, 22 Februari 2016
  • Dibaca : 1104 Kali

PRESS RELEASE

Menteri PP & PA: Sampaikan Duka Mendalam Atas Tewasnya 17 Pelajar dalam Kecelakaan Tunggal di Tapanuli Tengah

Siaran Pers Nomor:  38/Humas KPP-PA/05/2015

 

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, menyatakan duka mendalam atas tewasnya 17 pelajar dan 6 pelajar korban luka-luka akibat kecelakaan truk yang mengangkut anak-anak sekolah di Sirandorung kabupaten Tapteng Sumatra Utara, kamis 28 Mei 2015.

Para korban adalah anak para karyawan perkebunan di PT Sinar Gunung Sawit Raya (SGSR) yang biasa berangkat ke sekolah dengan menumpangi truk. Truk tersebut mengalami kecelakaan karena ban depan kanannya lepas, lalu oleng dan terguling masuk ke parit berlumpur sedalam 2,5 meter, saat melintas di Desa Sirandorung, Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Peristiwa kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan jatuhnya korban pelajar sekolah terjadi  di beberapa wilayah di Indonesia. Hal ini menunjukkan rentannya anak-anak menjadi korban dari lemahnya sistem perlindungan anak, terutama perlindungan dan jaminan keselamatan di jalan menuju sekolah,” ujar Menteri Yohana di kediaman, Jln Denpasar, Jakarta (30/05)

Yohana menambahkan Infrastruktur jalan yang buruk di kota maupun desa, terbatasnya fasum transportasi aman nyaman dan murah, kelalaian pengendara, jauhnya jarak antara sekolah dan rumah tinggal, merupakan sejumlah faktor utama kecelakaan lalulintas yang memakan korban jiwa anak-anak sekolah.

Menteri Yohana mendorong berbagai pihak untuk memberi perhatian lebih serius dalam mencegah kecelakaan berulang angkutan umum anak-anak sekolah serta segera menangani dampak psikologis kecelakaan tersebut kepada  keluarga korban maupun anak-anak lainnya.

Selanjutnya Menteri Yohana akan menginstrusikan agar Badan PP dan PA Provinsi Sumut dapat  berkoordinasi dengan kepolisian, dinas sosial dan keluarga korban, dan ikut juga mengawal kasus ini, agar  pemenuhan hak anak-anak korban kecelakaan Tapteng dapat terpenuhi.

 

HUMAS KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

Telp.& Fax (021) 3456239,

e-mail : humas.kpppa@gmail.com

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Sabtu, 21 September 2019

PPT KTPA Bentuk Negara Hadir Lindungi Perempuan dan Anak (37)

Pusat Pelayanan Terpadu Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak (PPT KTPA) RSUD Beriman Balikpapan yang berdiri sejak Februari 2019 memberikan penanganan…
Siaran Pers, Sabtu, 21 September 2019

Teman Sebaya Dukung Sekolah Ramah Anak (46)

Teman Sebaya berperan besar dalam mendorong terwujudnya Sekolah Ramah Anak (SRA).
Siaran Pers, Sabtu, 21 September 2019

Ayo ke PUSPAGA, Demi Keluarga Berkualitas! (37)

Menjadi orang tua di zaman sekarang memiliki tantangan yang lebih berat daripada menjadi orang tua di zaman dahulu.
Siaran Pers, Jumat, 20 September 2019

Komitmen Pimpinan Pusat Dan Daerah Pacu Pembangunan Pppa (66)

Kepulauan Seribu (19/09) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) melakukan Rapat Evaluasi Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan…
Siaran Pers, Jumat, 20 September 2019

Kab.Sleman Berlari Menuju KLA (85)

"Kabupaten Sleman hingga sekarang terus berlari menuju Kabupaten Layak Anak (KLA)"