Press Release: Sehari Bersama Presiden Untuk Celoteh Anak Negeri

  • Dipublikasikan Pada : Senin, 22 Februari 2016
  • Dibaca : 1312 Kali

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Republik Indonesia

 

PRESS RELEASE

 

SEHARI BERSAMA PRESIDEN UNTUK CELOTEH ANAK NEGERI

 

Ada yang unik dari Pidato Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada acara puncak Hari Anak Nasional 2013, Selasa (23/7), di Gedung SME Tower. Orang nomor satu di Negeri ini berkeinginan meluangkan waktunya selama satu hari bersama anak-anak Indonesia yang tak pernah lelah mengukir prestasi. Presiden SBY mengungkapkan, “Anak-anakku, saya ingin menyampaikan satu pengumuman. Dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2013 ini dan sekaligus dalam rangka Hari Proklamasi Kemerdekaan kita, saya akan memberikan kesempatan kepada 12 siswa SD, SMP, dan SMA. Masing-masing, SD: dua laki, dua perempuan; SMP: dua laki, dua perempuan; SMA: dua laki, dua perempuan, untuk mengikuti kegiatan ‘Sehari Bersama Presiden’, ’24 Jam Bersama Presiden’ agar Anak-anak tahu Presiden itu apa yang dikerjakan, apa yang dilakukan, kegiatan sehari-harinya, dan sebagainya, agar terinspirasi, termotivasi, dan memiliki semangat untuk suatu saat menjadi pemimpin-pemimpin di negeri ini, termasuk Presiden”.

23 Agustus 2013 dipilih Presiden SBY untuk menyelenggarakan kegiatan ini, bertempat di Istana Negara. Nantinya anak-anak akan diajak Tour keliling Istana dan dinas kepresidenan. Selain itu anak-anak juga diberikan waktu luang untuk menyampaikan seluruh apresiasinya mengenai Hari Anak Nasional di tahun 2013 ini. Tidak hanya berhenti pada tahapan itu saja, anak-anak juga diperbolehkan menyampaikan opininya dan visinya jika ia terpilih menjadi Presiden di masa mendatang.

Kegiatan Sehari Bersama Presiden SBY ini terbuka untuk umum tak terkecuali anak berkebutuhan khusus dan telah dibuka pendaftarannya sejak tanggal 29 Juli s.d 16 agustus 2013. Kegiatan ini berlaku untuk anak usia sekolah kelas 4-6 SD, SMP, dan kelas 1-2 SMA yang masih berusia kurang dari 18 tahun, serta memiliki setidaknya 1 prestasi. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir yang telah di publikasikan di website http://seharibersamapresidensby.org. Kemudian anak-anak yang ingin mendaftar diwajibkan untuk mem-follow akun twitter dan like akun facebook milik Presiden SBY. Setelah melakukan tahapan pendaftaran di website dan media sosial, anak-anak juga diminta untuk mem-posting opini positifnya tentang hal-hal yang akan disampaikan saat bertemu dengan Presiden SBY dan juga hal-hal yang akan dilakukan apabila menjadi Presiden. Khusus bagi siswa SD, seluruh tahapan pendaftaran ini dapat didampingi oleh 1 orang wali, baik orang tua maupun guru mereka.

Setelah prosesi pendaftaran selesai maka tim kepresidenan pun akan menyeleksi dan memilih 12 anak yang beruntung untuk menghabiskan waktunya selama sehari bersama Presiden SBY. Penentuan hasil seleksi ini akan diumumkan tepat pada hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2013 oleh Presiden SBY.

“Kegiatan Sehari Bersama Presiden SBY ini adalah kegiatan yang diselenggarakan dalam rangkaian Hari Anak Nasional 2013 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke 68. Saya menyambut baik dan mendukung penuh terselenggaranya kegiatan Sehari Bersama Presiden SBY. Kesempatan ini sangat strategis bagi anak Indonesia untuk membangun komunikasi dengan baik bersama Bapak Presiden SBY. Saya berharap anak-anak Indonesia bisa mendapatkan pengalaman berharga yang mampu membuahkan pikiran serta gagasan positif demi membangun bangsa Indonesia di masa yang akan datang”, ungkap Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Meneg PP&PA).

 

HUMAS KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

DAN PERLINDUNGAN ANAK

Telp.& Fax (021) 3456239, e-mail : humas.kpppa@yahoo.co.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Minggu, 15 September 2019

Perkuat Kapasitas Auditor Demi Tingkatkan Program Responsif Gender di Sumatera Barat (41)

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyelenggarakan acara Penguatan Kapasitas Auditor Pengawas Daerah dalam Pelaksanaan Perencanaan dan Penganggaran…
Siaran Pers, Minggu, 15 September 2019

Perencanaan Pembangunan Butuh Suara dari Kelompok Anak (43)

Bali (15/9) – Tantangan perlindungan anak dalam pembangunan sangat beragam.
Siaran Pers, Sabtu, 14 September 2019

Forum Anak Bukan Organisasi Eksklusif (90)

Bali (14/9) – Ada satu syarat utama untuk menjadi anggota Forum Anak, yakni masih berusia anak atau di bawah 18…
Siaran Pers, Jumat, 13 September 2019

Perlindungan Setara bagi Anak Penyandang Disabilitas (82)

Disabilitas merupakan bagian dari keberagaman
Siaran Pers, Jumat, 13 September 2019

Tingkatkan Partisipasi Anak, Kemen PPPA Perkuat Peran Forum Anak (80)

Bali (13/09) – Partisipasi anak, merupakan satu dari 5 hak dasar anak yang terendah dalam hal pemenuhannya