Press Release : Anak Indonesia Cinta Budaya Indonesia

  • Dipublikasikan Pada : Senin, 22 Februari 2016
  • Dibaca : 1438 Kali
 
KEMENTERIAN
PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK
REPUBLIK INDONESIA
PRESS RELEASE
ANAK INDONESIA CINTA BUDAYA INDONESIA

Masih dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional 2011, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Meneg PP&PA) bersama Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) akan memberikan perhatian secara istimewa pada anak-anak Indonesia, dengan mengenalkan mereka kepada keragaman dan kekayaan budaya melalui sebuah pagelaran seni. Pagelaran ini diberi nama Pesta Anak Indonesia 2011 dengan tema “Aku Cinta Budaya Indonesia”.

Pagelaran yang digelar pada hari Rabu, 27 Juli 2011, di Panggung Rama Shinta, Ancol, Jakarta Barat ini, ditampilkan dalam berbagai sendratari dari provinsi-provinsi di Indonesia yang akan dibawakan oleh anak-anak. Para undangan yang hadir dalam acara ini pun, akan dilibatkan untuk bermain angklung bersama 1.500 anak dari berbagai sekolah di Indonesia. Menariknya, pengenalan keragaman budaya ini juga akan digelar dalam sebuah operet yang dimeriahkan oleh artis-artis Ibu Kota, seperti Asty Ananta, Amel Carla, Umay, dan Anbo.
“Kalau diperhatikan, anak-anak di era globalisasi ini lebih kenal Batman, Superman, dan Sinchan daripada Gatotkaca atau Werkudoro. Saya sangat prihatin dengan budaya asing yang terus-terusan masuk ke dalam dunia anak. Melalui pagelaran seperti ini lah kami beserta stakeholder yang memang peduli di bidang anak sedang berusaha menanamkan kembali nilai-nilai luhur budaya Indonesia, agar anak-anak lebih mencintai budaya bangsanya sendiri” tutur Linda.
Kecintaan anak akan budaya bangsa sendiri harus ditumbuhkan dengan cara mengenalkan budaya bangsa sejak usia dini. Dengan cara ini, maka akan banyak keuntungan yang diperoleh, karena selain bermanfaat untuk mengetahui bakat dan potensi anak sejak dini, pengenalan budaya sejak usia dini juga dapat membentuk karakter anak ke arah yang lebih positif. Oleh karena itu, mengenalkan anak akan budaya luhur bangsa, sangat membantu proses tumbuh kembang anak.
Melalui kesempatan ini pula, Meneg PP & PA sangat mengapresiasi kerjasama yang terjalin diantara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA) dengan SIKIB dan juga penyelenggara lainnya yang memang mempunyai komitmen dan kepedulian yang sangat tinggi terhadap kualitas hidup sumber daya manusia sejak usia dini, yaitu anak. Kegiatan/program yang dilakukan oleh Pemerintah, Organisasi Kemasyarakatan  dan Swasta seperti inilah yang sesungguhnya dibutuhkan dalam membangun bangsa dan negara dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, karena pemerintah pun tidak dapat bekerja sendiri jika tak ada dukungan dari para stakeholder.

“Saya berharap kegiatan seperti ini dapat berlanjut dan tidak hanya digelar di kota-kota besar saja, tetapi juga di daerah-daerah konflik dan rawan bencana, karena justru anak-anak disana membutuhkan perlindungan dan perhatian khusus agar lebih cepat terbebas dari rasa trauma. Tidak hanya itu, melalui pagelaran seperti ini saya juga ingin berpesan kepada seluruh anak-anak Indonesia, untuk terus menikmati hari-hari indah mereka dengan semangat cinta tanah air dan bangga akan budaya bangsa sendiri” ujar Linda. [ans]


HUMAS KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN
DAN PERLINDUNGAN ANAK
Telp.& Fax (021) 3456239, e-mail : humas_kpp@yahoo.co.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Selasa, 18 Februari 2020

Kasus Eksploitasi Seksual dan Perdagangan Anak Melalui Media Online Mengkhawatirkan, Menteri PPPA Angkat Suara (94)

Menanggapi maraknya kasus eksploitasi seksual dan perdagangan anak dengan modus iming-iming pekerjaan bergaji tinggi melalui aplikasi media sosial, Menteri Pemberdayaan…
Buku, Senin, 17 Februari 2020

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak 2018 (36)

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak 2018
Buku, Senin, 17 Februari 2020

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak 2017 (19)

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak 2017
Buku, Senin, 17 Februari 2020

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak 2017 (15)

Indeks Komposit Kesejahteraan Anak Kabupaten/Kota 2017
Siaran Pers, Minggu, 16 Februari 2020

Kemen PPPA Terjunkan Tim Dampingi Anak Korban Perundungan di Malang (150)

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menerjunkan tim untuk menindaklanjuti kasus perundungan yang menimpa pelajar SMPN 16 Malang,…