INDONESIA DAN FIJI SEPAKAT TINGKATKAN KEMAJUAN PEREMPUAN DAN ANAK

  • Dipublikasikan Pada : Rabu, 13 Desember 2017
  • Dibaca : 1795 Kali
...

 

 
   

KEMENTERIAN

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

PRESS RELEASE

INDONESIA DAN FIJI SEPAKAT TINGKATKAN KEMAJUAN PEREMPUAN DAN ANAK

Siaran Pers Nomor: B-160/Set/Rokum/MP 01/12/2017

Yogyakarta (13/12) – Sebagai tindak lanjut Perjanjian Kerjasama yang telah ditandatangani pada 18 Desember 2013, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia dan Kementerian Perempuan, Anak dan Pengentasan Kemiskinan (KPAPK) Republik Kepulauan Fiji saat ini sedang melaksanakan Pertemuan Joint Technical Working Group (JTWG) ke-3 di Hotel Grand Aston Yogyakarta. Tujuan utama pertemuan ini seperti yang dikatakan oleh Ketua Delegasi Kemen PPPA, Sri Danti Anwar adalah untuk mengevaluasi kegiatan kerjasama yang telah diimplementasikan sesuai kesepakatan JTWG ke-2 yang dilaksanakan di Suva pada Mei 2016. JTWG ke-3 ini juga sekaligus untuk menyepakati usulan program-program kerjasama yang akan dilaksanakan oleh kedua instansi pada 2018-2019 mendatang.

“Hal yang patut dibanggakan adalah bahwa kedua belah pihak, baik Pemerintah Indonesia maupun Pemerintah Fiji telah berhasil mengimplementasikan banyak kegiatan kerjasama untuk kemajuan perempuan dan anak di Fiji pada umumnya, dan untuk penguatan institusi KPAPK Fiji pada khususnya. Beberapa program yang tertunda karena berbagai alasan akan di reschedule pada 2018 mendatang,” ujar Sri Danti.

JTWG ke-3 dilaksanakan pada 11-15 Desember 2017 di Yogyakarta. Selain pertemuan pembahasan program kerjasama, delegasi KPAPK Fiji yang dipimpin oleh Permanent Secretary KPAPK Fiji, Dr. Josefa Korovuite, secara paralel juga melakukan pembahasan program dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Dalam pertemuan JTWG Ke-3 di Yogyakarta, delegasi Fiji juga akan melakukan kunjungan lapangan ke beberapa program unggulan Kemen PPPA seperti Desa Prima, Kampung Ramah Anak, dan Koperasi Perempuan di wilayah Yogyakarta. “Kami berterima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia yang telah mengatur rangkaian acara ini dengan baik dan kami yakin kerjasama ke depan antara Kemen PPPA RI dengan KPAPK Fiji akan semakin kuat dan memberikan hasil nyata untuk perempuan dan anak di kedua negara,” kata Dr. Josefa.

Pada JTWG ke-3 ini, Kemen PPPA mengajukan 3 (tiga) program kerjasama, yaitu penguatan pengarusutamaan gender di Fiji, pertukaran pengalaman dan praktik terbaik pelibatan pemimpin adat, agama dan organisasi perempuan dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta pertukaran praktik dan pengalaman terbaik tentang kebijakan kota layak anak. Sementara itu, pihak KPAPK Fiji mengajukan usulan kerjasama berupa pelatihan tentang produk kerajinan unggulan Fiji, dan pertukaran pengalaman tentang pengemasan dan pemasaran produk industri kecil dan menengah, serta pelatihan integrasi gender dalam perubahan iklim.

“Kami saat ini memang menfokuskan diri pada penguatan pengarusutamaan gender di Fiji karena memang hal itulah yang saat ini diperlukan oleh KPAPK dan masyarakat Fiji secara keseluruhan. Beberapa pokok kerjasama yang kami sepakati bersama hari ini juga secara khusus dan efektif mengatasi berbagai permasalahan perempuan dan anak di Fiji,” tutup Dr. Josefa.

                                                        

                                                      PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN  PEREMPUAN

DAN PERLINDUNGAN ANAK

Telp.& Fax (021) 3448510,

e-mail : publikasikpppa@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                         

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Jumat, 04 Desember 2020

Gerilya Ibu Bangsa Pertahankan Kemerdekaan Indonesia (44)

Dahulu para muda-mudi merebut kemerdekaan dari penjajah tanpa pamrih
Siaran Pers, Kamis, 03 Desember 2020

Lindungi Perempuan di Aceh, Sahkan RUU PKS (32)

Isu kekerasan seksual terhadap perempuan di Aceh  tidak bisa dilepaskan dari peristiwa di masa konflik dan pasca konflik.
Pengumuman, Kamis, 03 Desember 2020

PENGUMUMAN Nomor: P.64 TAHUN 2020 TENTANG HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PELAMAR SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK TAHUN 2020 (178)

Berdasarkan hasil Seleksi Administrasi, nama-nama yang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya (berdasarkan urutan abjad) adalah sebagai berikut:
Siaran Pers, Rabu, 02 Desember 2020

Hari AIDS Sedunia : Kemen PPPA Ajak Masyarakat Jauhi Virusnya Bukan Orangnya (52)

Dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari AIDS Sedunia 2020 pada 1 Desember 2020, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA)…
Siaran Pers, Selasa, 01 Desember 2020

Menteri Bintang Berikan Penghargaan API 2020 Kepada 8 Perempuan Berprestasi (245)

Jakarta (01/12) – Memasuki penghujung 2020, perhelatan bergengsi Anugerah Perempuan Indonesia (API) kembali digelar. Terlaksana untuk ke tujuh kalinya, penyelenggaraan…