KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN
PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK
REPUBLIK INDONESIA

MENTERI PPPA DUKUNG PEREMPUAN FIJI MANDIRI

  • Dipublikasikan Pada : Selasa, 26 Juni 2018
  • Dibaca : 448 Kali
...

KEMENTERIAN
PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK
REPUBLIK INDONESIA

PRESS RELEASE

MENTERI PPPA DUKUNG PEREMPUAN FIJI MANDIRI

    Siaran Pers Nomor: B- 095/Set/Rokum/MP 01/06/2018

SUVA, FIJI (23/6) - Hari ke-2 kunjungan kerja ke Fiji, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise melaksanakan sejumlah agenda. Mulai dari berkunjung ke Distrik Rewa-Desa Nakuriwai, bertemu kelompok perempuan Suku Rotuma, hingga menghadiri acara Fiji Rural Women Fashion Show, yang merupakan side event Fiji National Women Expo 2018.

Mengunjungi Distrik Rewa, Desa Nakuriwai, Menteri Yohana bertemu dengan kelompok perempuan Nakuriwai. “Kelompok perempuan Desa Nakuriwai termasuk salah satu kelompok yang aktif di Distrik Rewa. Mereka rutin membuat kerajinan industri rumahan seperti anyaman tikar, baju, dan kain khas Fiji,” terang Menteri PPPA, Yohana Yembise.

Selain Desa Nakuriwai, Menteri Yohana juga berkunjung ke Rotuma Women's Association Grup atau kelompok perempuan Suku Rotuma. “Rata-rata Kelompok perempuan yang saya temui di Distrik Rewa berharap bisa belajar dari perempuan pengrajin Indonesia untuk meningkatkan kualitas produksi mereka. Di sana, saya juga berpesan pada kaum lelaki agar selalu menghormati perempuan dan tidak melakukan kekerasan terhadap perempuan,” ujar Menteri Yohana.  

Usai berkunjung ke beberapa desa di Fiji, Menteri Yohana didampingi oleh Menteri Perempuan, Anak dan Pengentasan Kemiskinan Fiji, Deputi Kesetaraan Gender KemenPPPA dan Duta Besar Indonesia untuk Fiji menghadiri acara Fiji Rural Women Fashion Show, yang merupakan side event dari acara Fiji National Women Expo 2018. 

Dihadapan ratusan peserta Expo, Menteri Yohana mengungkapkan jika industri fashion di Indonesia merupakan pemain kunci di sub sektor industri kreatif. Berkontribusi sebesar 28,29% dari total PDB (produk domestik bruto), dan mempekerjakan jumlah tenaga kerja tertinggi.

“Perkembangan industri fashion global telah berkembang dengan pesat. Untuk itu, kita perlu mendorong partisipasi perempuan dalam ekonomi, khususnya pada industri kreatif seperti fashion. Karena keterlibatan mereka, meningkatkan ketahanan dan pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, perempuan tidak perlu ragu menggali potensi ekonomi mereka untuk secara konkret berkontibusi pada pembangunan ekonomi nasional,” ujar Menteri Yohana saat memberikan sambutan pada Fiji Rural Women Fashion Show (22/6).

Indonesia merupakan bagian dari kawasan Pasifik dan telah menjalin hubungan diplomatik dengan 15 dari 17 negara didalamnya. Hubungan diplomatik Indonesia-Fiji telah terjalin sejak April 2011. Kunjungan Menteri PPPA, Yohana Yembise ini juga merupakan upaya peningkatan hubungan Indonesia dengan Negara di kawasan Pasifik. 

    
    
PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN  PEREMPUAN
DAN PERLINDUNGAN ANAK
Telp.& Fax (021) 3448510,
e-mail: publikasi@kemenpppa.go.id
www.kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Jumat, 15 Februari 2019

PENTINGNYA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK UNTUK HINDARKAN PAPARAN PORNOGRAFI (52)

Teknologi pada dasarnya bersifat netral layaknya mata pisau bagi para penggunanya, termasuk anak – anak.
Siaran Pers, Kamis, 14 Februari 2019

PERSIAPKAN CSW KE-63, ASIA-PASIFIK GELAR PERTEMUAN (75)

Bangkok (13/02) – Menyambut sidang Commision on the Status of Women atau CSW ke-63 yang akan digelar pada 11-22 Maret…
Siaran Pers, Senin, 11 Februari 2019

GAUNGKAN PROGRAM PPPA DI AKHIR PERIODE KERJA     (247)

ahun 2019 merupakan tahun terakhir periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014 – 2019. Namun di sisa waktu yang…
Siaran Pers, Sabtu, 09 Februari 2019

PERS RESPONSIF GENDER LINDUNGI PEREMPUAN, ANAK, DAN WARTAWAN (154)

Di hadapan Presiden RI, Joko Widodo hari ini Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise menandatangani nota kesepahaman antara…
Siaran Pers, Jumat, 08 Februari 2019

STOP KEKERASAN TERHADAP ANAK MELALUI MEDIA (154)

Media massa di Indonesia dinilai masih belum ramah anak. Meski isu anak dalam tema-tema tertentu telah menjadi isu menarik yang…