Press Release: Katumbiri expo 2013: Kreativitas Ekonomi Perempuan Dalam Semangat Hari Ibu

  • Dipublikasikan Pada : Selasa, 23 Februari 2016
  • Dibaca : 1366 Kali
PRESS RELEASE
 
KATUMBIRI EXPO 2013:
 
KREATIVITAS EKONOMI KAUM PEREMPUAN
DALAM SEMANGAT HARI IBU
 
 
Bertempat di Jakarta Convention Center, (11/12), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA), untuk ketiga kalinya menyelenggarakan Katumbiri Expo 2013. Kegiatan yang mengangkat tema “Penguatan Sumberdaya Manusia Dan Ekonomi Kreatif Guna Menghadapi Tantangan Ekonomi Global” ini, diselenggarakan atas kerja sama KPP-PA dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhukham), Kementerian Perdagangan (Kemendag), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., dan PT Indosat, Tbk.
 
“Katumbiri Expo merupakan bagian dari Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-85 Tahun 2013 untuk menunjukkan kepada masyarakat umum hasil-hasil yang telah dikerjakan kaum perempuan di bidang ekonomi menuju kesetaraan gender. Oleh sebab itu, dalam Katumbiri Expo 2013 dikemukakan karya-karya anak bangsa dari seluruh pelosok Nusantara untuk menunjukkan kreativitas dan potensi yang mereka miliki. Melalui Katumbiri Expo 2013 inilah kemajuan karya-karya perempuan Indonesia dapat diperlihatkan bahwa potensi mereka telah memberikan warna kepada pembangunan dan kemajuan Indonesia”, tutur Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PP&PA).
 
Tahun ini, pameran yang akan berakhir pada tanggal 15 Desember ini, mengetengahkan budaya Kalimantan sebagai nuansa pameran, sekaligus sebagai ungkapan kekayaan kebhinekaan yang Indonesia miliki. Selain itu pada kesempatan ini, KPP-PA juga bekerjasama dengan Lapas Kemenhukham untuk mengangkat produk-produk yang dihasilkan para napi, perempuan dan laki-laki, agar mereka juga dapat kembali masuk menjadi bagian masyarakat yang berdayaguna dan memiliki daya saing menghadapi tantangan ekonomi global. Pameran yang juga menampilkan karya fotografi Ibu Negara didalam arena Pameran Katumbiri ini, diharapkan akan banyak diminati oleh pengunjung dan dapat ditingkatkan transaksi yang signifikan sehingga akan memberikan dampak positif bagi pemberdayaan perempuan dalam ekonomi dan kreativitasnya.
 
Katumbiri Expo 2013 kali ini tidak hanya dalam bentuk pameran saja tetapi juga dimeriahkan dalam bentuk seminar dan lomba merangkai bunga. Salah satunya yakni Seminar “Perempuan Sebagai Penggerak Pembangunan Ekonomi”, yang juga diadakan pada tanggal 11 Desember 2013 di Plennary Hall – Jakarta Convention Center. Pada kesempatan tersebut, Menteri PP&PA mengungkapkan Tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) perempuan adalah 51,4% sedangkan laki-laki adalah 84,4% (Sakernas 2012). Angka ini menunjukkan bahwa masih ada kesenjangan yang cukup besar.
 
“Kita semua memahami, bahwa usaha mikro ini yang paling tahan terhadap turbulensi ekonomi dan melibatkan lebih dari 90 juta penduduk. Perempuan memerlukan dukungan lebih jauh, baik dari sisi politik maupun dari sisi dukungan programatik. Perempuan belum secara eksplisit menjadi sasaran pembangunan, sehingga dukungan untuk perempuan pelaku ekonomi tidak terprogram secara optimal. Dukungan bagi perempuan seharusnya masih dapat ditingkatkan lebih jauh lagi, namun memerlukan komitmen politik yang lebih besar dan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan mereka. Dalam konteks usaha mikro ini, memang terjadi kesenjangan antara kebutuhan dan dukungan. Sudah menjadi tugas kita bersama untuk mendorongnya agar issue ini dapat diangkat lebih tinggi dan mendapat dukungan lebih besar lagi”, papar Menteri PP&PA.
 
“Mudah-mudahan dengan akan mulai berlakunya Komunitas Ekonomi ASEAN di tahun 2015, produk-produk kreatif yang diciptakan oleh para perempuan pengrajin dapat bersaing dengan produk-produk dari luar. Kepada pemangku kepentingan, kami harapkan pembinaan dan pendampingan yang terus menerus bagi perempuan pengusaha, sehingga produk mereka akan semakin berkualitas dan kompetitif. Marilah kita tetap bekerja sama bahu membahu untuk mencapai Indonesia yang sejahtera seperti yang dicita-citakan bersama dalam Undang Undang Dasar 1945 dan semangat Hari Ibu”, lanjut Menteri PP&PA.
 
HUMAS KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN
DAN PERLINDUNGAN ANAK
Telp.& Fax (021) 3456239, e-mail : humas.kpppa@gmail.com

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Sabtu, 21 September 2019

PPT KTPA Bentuk Negara Hadir Lindungi Perempuan dan Anak (37)

Pusat Pelayanan Terpadu Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak (PPT KTPA) RSUD Beriman Balikpapan yang berdiri sejak Februari 2019 memberikan penanganan…
Siaran Pers, Sabtu, 21 September 2019

Teman Sebaya Dukung Sekolah Ramah Anak (45)

Teman Sebaya berperan besar dalam mendorong terwujudnya Sekolah Ramah Anak (SRA).
Siaran Pers, Sabtu, 21 September 2019

Ayo ke PUSPAGA, Demi Keluarga Berkualitas! (36)

Menjadi orang tua di zaman sekarang memiliki tantangan yang lebih berat daripada menjadi orang tua di zaman dahulu.
Siaran Pers, Jumat, 20 September 2019

Komitmen Pimpinan Pusat Dan Daerah Pacu Pembangunan Pppa (65)

Kepulauan Seribu (19/09) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) melakukan Rapat Evaluasi Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan…
Siaran Pers, Jumat, 20 September 2019

Kab.Sleman Berlari Menuju KLA (84)

"Kabupaten Sleman hingga sekarang terus berlari menuju Kabupaten Layak Anak (KLA)"