Komitmen Bersama Kab.Rejang Lebong Tingkatkan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran

  • Dipublikasikan Pada : Selasa, 14 Mei 2019
  • Dibaca : 73 Kali
...

Siaran Pers Nomor: B-084/Set/Rokum/MP 01/05/2019

 

Rejang Lebong (14/5) – Dalam rangka peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran bagi anak di Kabupaten Rejang Lebong, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) melalui Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak bekerja sama dengan Dinas PPPAPPKB Kab. Rejang Lebong menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kebijakan Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran (30/4) di Kab. Rejang Lebong.

Kepala Bidang Pemenuhan Hak Sipil dan Informasi Layak Anak Kemen PPPA, Sri Martani Wahyu Widayati mengungkapkan bahwa salah satu indikator Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) adalah pemenuhan hak sipil anak yang diantaranya adalah kepemilikan akta kelahiran. Pemenuhan hak anak atas kepemilikan akta kelahiran merupakan tanggung jawab bersama dan memerlukan sinergi antar organisasi perangkat daerah.

 

Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Pranoto menjelaskan bahwa salah satu dasar yang mendukung pemenuhan hak kepemilikan akta kelahiran di Kab. Rejang Lebong yakni Peraturan Bupati terkait Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Sedangkan untuk menjadi Kabupaten/Kota Layak Anak, hak kepemilikan akta kelahiran harus terpenuhi.

“Saat ini, Kabupaten Rejang Lebong telah melampaui target nasional cakupan kepemilikan akta kelahiran 85%. Menurut data SIAK Kementerian Dalam Negeri pada 2018, cakupan kepemilikan akta kelahiran di Kab. Rejang Lebong telah mencapai angka 91,55 %.  Akta kelahiran merupakan hal penting yang harus dipenuhi sebab kepemilikan akta kelahiran akan mempermudah seseorang untuk memperoleh haknya,” ujar Pranoto.

Plt. Kepala Dinas PPPAPPKB Kab.Rejang Lebong, Heri Wartono menjelaskan Pemkab Rejang Lebong telah melakukan berbagai upaya meningkatkan cakupan kepemilikan akta kelahiran, diantaranya membuat kebijakan terkait percepatan kepemilikan akta kelahiran, melibatkan SDM yang memahami konvensi hak anak, serta melakukan kemitraan organisasi, lembaga dan media.

Di samping itu, Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Rejang Lebong, Hartati menegaskan saat ini pelayanan administrasi kependudukan telah menganut stelsel aktif. Pemerintah dituntut aktif melakukan pelayanan ke masyarakat secara langsung.

Sosialisasi ini menghasilkan komitmen bersama yang menyatakan bahwa Kab.Rejang Lebong akan terus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan angka kepemilikan akta kelahiran sebesar 97% pada Desember 2019.

 

                       

PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN  PEREMPUAN

DAN PERLINDUNGAN ANAK

Telp.& Fax (021) 3448510,

e-mail : publikasi@kemenpppa.go.id

 

 

 

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Senin, 20 Mei 2019

Kemen PPPA Membangun Anak dengan Road Map Pengasuhan Berbasis Hak Anak (27)

Inti dari pengasuhan anak adalah membangun kelekatan anak kepada orang tuanya dan membuat keterikatan para orang tua terhadap anak dengan…
Siaran Pers, Jumat, 17 Mei 2019

Perkuat Sinergi dan Kolaborasi Semua Pihak untuk Percepat Pengembangan Rute Aman dan Selamat ke/dari Sekolah (RASS) (112)

Dalam rangka mengupayakan pemenuhan hak anak untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak 2030 dan Indonesia Emas 2045, Deputi Bidang Tumbuh Kembang…
Siaran Pers, Kamis, 16 Mei 2019

Komitmen Pemerintah Tekan Angka Kekerasan terhadap Perempuan (160)

Jakarta (16/5) – “Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya perlindungan terhadap perempuan dan anak. Hal tersebut dibuktikan dengan rancangan…
Siaran Pers, Kamis, 16 Mei 2019

Asa Keluarga Anak Penyandang Disabilitas (67)

Keluarga, utamanya orang tua sebagai unsur terdekat Anak Penyandang Disabilitas memiliki kewajiban dan tanggung jawab tinggi atas perlindungan mereka.
Siaran Pers, Rabu, 15 Mei 2019

Libatkan Perempuan dalam Program Sanitasi dan Air Bersih (104)

Buruknya sanitasi dan minimnya akses air bersih di Indonesia menjadi permasalahan nasional yang cukup meresahkan. Kaum perempuan menjadi kelompok yang…