Upaya Pemerintah Kabupaten Sorong dalam Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran Anak

  • Dipublikasikan Pada : Jumat, 31 Mei 2019
  • Dibaca : 242 Kali
...

Siaran Pers Nomor: B- 099/Set/Rokum/MP 01/05/2019


Aimas (27/5) - Dalam Pemenuhan Hak Anak, Negara bertanggung jawab untuk memastikan semua anak mendapat hak dasar seperti yang tertuang dalam Undang-Undang  Perlindungan Anak Pasal 1. Dalam hal ini Kabupaten Sorong berkomitmen untuk serius dalam pemenuhan hak anak khususnya pemberian Akta Kelahiran. Hal ini disampaikan oleh Bupati Sorong yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan dalam acara Sosialisasi Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran Senin, 27 Mei 2019. Suroso menyampaikan mendukung penuh semua OPD dan Stake Holder lainnya untuk dapat bersinergi dalam pemenuhan hak anak khususnya kepemilikan akta kelahiran.

Komitmen Kabupaten Sorong disambut baik oleh Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil, Informasi, dan Partisipasi anak Lies Rosdianty. Lies menyampaikan bahwa untuk percepatan kepemilikan akta kelahiran tidak hanya menjadi tanggung jawab Disdukcapil sebagai pemilik tugas dan fungsi terkait akta kelahiran anak, semua pihak harus mengambil peran, baik pemerintah daerah dengan OPD-nya, LSM, pihak swasta, dan dunia usaha. Dengan demikian setiap permasalahan yang muncul dapat dengan mudah teratasi.

Selaras dengan Lies, Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Kabupaten Sorong Yusephina mengakui bahwa keterlibatan semua sektor sangat diharapkan untuk membantu percepatan kepemilikan akta kelahiran bagi anak di Kabupaten Sorong. Selain terkendala oleh kondisi geografis, Yusephina juga menyampaikan keterbatasan sumber daya manusia sangat menghambat proses pengurusan  akta kelahiran di Kabupaten Sorong.

Dengan dilakukanya kegiatan Sosialisasi ini diharapkan bisa memicu kesadaran semua sektor untuk terlibat aktif dalam percepatan kepemilikan akta kelahiran. Hal ini juga disampaikan oleh salah satu peserta sosialisasi, Wahelmina mengatakan masyarakat kita kurang informasi terkait prosedur pengurusan akta kelahiran. Pemahaman masyarakat yang masih sangat rendah tentang prosedur pengurusan akta kelahiran menjadi salah satu kendala yang menyebabkan rendahnya persentease kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Sorong. Oleh karena itu kami dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sorong siap membantu menginformasikan kepada masyarakat tentang akta kelahiran melalui mobil perpustakaan keliling.

Di akhir acara Sosialisasi semua peserta sepakat membuat komitmen bersama untuk percepatan kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Sorong yang diucapkan secara bersama-sama dengan bunyi komitmen “Kami, Kabupaten Sorong berkomitmen untuk meningkatkan kepemilikan akta kelahiran melalui kerja sama dengan lintas OPD terkait, untuk mencapai target kepemilikan akta kelahiran sebesar 70 persen pada tahun 2019”.

PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN  PEREMPUAN
DAN PERLINDUNGAN ANAK
Telp.& Fax (021) 3448510,
e-mail : publikasi@Kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Kamis, 18 Juli 2019

Gunung Sinabung Kembali Aktif, Kabupaten Karo Terapkan Siaga Hadapi Bencana (44)

Kabupaten Karo (18/7) - Secara geografis Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera serta berada di lintasan garis…
Siaran Pers, Kamis, 18 Juli 2019

Rangkul Remaja, Kunci Pembangunan Negara (31)

Pemerintah Indonesia berkomitmen menjadi salah satu pelopor dalam implementasi Sustainable Development Goals 2030.
Siaran Pers, Rabu, 17 Juli 2019

Butuh Peran Dunia Hapus Kekerasan Terhadap Anak (57)

Indonesia menegaskan pentingnya kemitraan global dalam upaya penghapusan kekerasan terhadap anak.
Pengumuman, Selasa, 16 Juli 2019

PEDOMAN PELAKSANAAN HARI ANAK NASIONAL TAHUN 2019 (1465)

Anak merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang memerlukan…
Siaran Pers, Jumat, 12 Juli 2019

Aku Anak Disabilitas, Aku Punya Asa dan Prestasi Tanpa Batas (226)

“Aku sering ditolak ojek online ketika aku ingin ke sekolah. Aku juga sering jatuh ketika naik Transjakarta saat ingin bermain…