Mama Yo: Pilih Transportasi Aman Demi Keselamatan Anak dan Perempuan!

  • Dipublikasikan Pada : Sabtu, 01 Juni 2019
  • Dibaca : 890 Kali
...

Mama Yo: Pilih Transportasi Aman Demi Keselamatan Anak dan Perempuan!

Jakarta (01/06) - Sudah 2 jam Suci (51) bersama anak dan cucu - cucunya menunggu Kereta Api Serayu jurusan Cilacap di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Namun demikian, mereka merasa nyaman karena stasiun dilengkapi dengan fasilitas ramah anak dan perempuan. Mereka juga lebih memilih menggunakan kereta api sebagai transportasi Mudik Lebaran 1440 Hijriah karena lebih aman dan nyaman.

“Kereta api adalah salah satu transportasi yang direkomendasikan, karena selain nyaman juga aman terhadap keselamatan keluarga khususnya anak. Saya bersama Kepala Stasiun Pasar Senen baru saja mengunjungi beberapa titik lokasi yang ada di stasiun. Pertama kami menemui para pemudik di gerbong kereta untuk melihat secara langsung kondisi perempuan dan anak. Kami juga sempat berbincang dan memberikan bingkisan kepada anak dan perempuan pemudik,” ujar Menteri PPPA, Yohana Yembise atau akrab disapa Mama Yo saat menyapa pemudik, khususnya pemudik anak, perempuan dan disabilitas di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Kepala PT KAI Daop I Jakarta, Dadan Rudiansyah mengatakan PT KAI telah berupaya meningkatkan fasilitas stasiun dan kereta api demi keamanan dan kenyamanan penumpang, utamanya bagi anak, perempuan, dan disabilitas. Selain menambah jumlah tempat duduk yang representatif di ruang tunggu penumpang, PT KAI juga telah menyediakan ruang menyusui, ruang medis, dan ruang bermain bagi anak.

Yohana  mengaku melihat adanya perubahan besar, terutama untuk fasilitas Stasiun Pasar Senen yang ramah perempuan dan anak dan mendapat respon baik dari para calon penumpang kereta . “Adanya klinik steril ber-AC, tenaga medis profesional, dan obat-obatan lengkap tersedia. Saya juga sangat senang dengan tersedianya ruang laktasi. Tadi saya juga sempat berbincang dengan seorang ibu menyusui di ruang laktasi. Hal ini merupakan salah satu bentuk hak perempuan yang harus diperhatikan dan dipenuhi,” tutur Menteri Yohana.

Dalam kunjungannya, Menteri Yohana mengapresiasi kinerja PT KAI dan menghimbau agar para pemudik mengutamakan keamanan dan kenyamanan anak – anaknya saat perjalanan, serta mengajak kaum laki – laki untuk menjaga perempuan agar terhindar dari kekerasan.

“Saya merasa salut dan mengapresiasi kinerja PT KAI yang telah memperhatikan anak dan perempuan dengan menyediakan fasilitas stasiun yang responsif gender, serta memberikan perlindungan khusus dan tumbuh kembang anak melalui ruang laktasi dan klinik. Saya juga mengimbau agar para pemudik lebih memperhatikan hak anak. Jagalah mereka, jangan dibiarkan berkeliaran, pastikan anak menikmati perjalanan dengan rasa aman dan nyaman, dan memantau kesehatan mereka. Pastikan anak juga kembali ke tempat asal untuk kembali bersekolah dengan bahagia. Saya juga berpesan kepada kaum laki – laki untuk menjaga perempuan dalam situasi mudik agar bebas dari segala bentuk kekerasan fisik, psikis, seksual. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga tercinta,” tutup Menteri Yohana.

PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN
DAN PERLINDUNGAN ANAK
Telp.& Fax (021) 3448510,    
e-mail : publikasi@kemenpppa.go.id                      www.kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Jumat, 07 Agustus 2020

Menteri PPPA: Perkawinan Anak Harus Dihentikan! (57)

Perkawinan bukanlah sekadar romantisme belaka
Siaran Pers, Kamis, 06 Agustus 2020

Menteri Bintang: Pengesahan RUU PKS Tidak Dapat Ditunda Lagi (47)

Jakarta (6/08) – Keputusan DPR RI untuk mengeluarkan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) dari daftar Program Legislasi Nasional…
Siaran Pers, Jumat, 07 Agustus 2020

Perempuan Setara, Perempuan Merdeka (103)

Jakarta (07/8) – Menteri PPPA Bintang Puspayoga meyakini jika peran perempuan dalam rangka mengisi kemerdekaan dan pembangunan sangat dibutuhkan.
Siaran Pers, Jumat, 07 Agustus 2020

Lindungi Korban dan Tindak Tegas Pelaku Kekerasan Seksual, Kemen PPPA Dorong Pembahasan RUU PKS yang Komprehensif (139)

“Saat ini, kasus kekerasan seksual terus meningkat dengan bentuk dan pola yang semakin beragam. Kekerasan seksual sudah masuk dalam tahap…
Siaran Pers, Kamis, 06 Agustus 2020

Dorong RUU PKS, Wujudkan Aturan Terkait Kekerasan Seksual Berperspektif korban (104)

Meski Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) telah dikeluarkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR RI) dari daftar pembahasan…