Mama Yo: Pilih Transportasi Aman Demi Keselamatan Anak dan Perempuan!

  • Dipublikasikan Pada : Sabtu, 01 Juni 2019
  • Dibaca : 687 Kali
...

Mama Yo: Pilih Transportasi Aman Demi Keselamatan Anak dan Perempuan!

Jakarta (01/06) - Sudah 2 jam Suci (51) bersama anak dan cucu - cucunya menunggu Kereta Api Serayu jurusan Cilacap di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Namun demikian, mereka merasa nyaman karena stasiun dilengkapi dengan fasilitas ramah anak dan perempuan. Mereka juga lebih memilih menggunakan kereta api sebagai transportasi Mudik Lebaran 1440 Hijriah karena lebih aman dan nyaman.

“Kereta api adalah salah satu transportasi yang direkomendasikan, karena selain nyaman juga aman terhadap keselamatan keluarga khususnya anak. Saya bersama Kepala Stasiun Pasar Senen baru saja mengunjungi beberapa titik lokasi yang ada di stasiun. Pertama kami menemui para pemudik di gerbong kereta untuk melihat secara langsung kondisi perempuan dan anak. Kami juga sempat berbincang dan memberikan bingkisan kepada anak dan perempuan pemudik,” ujar Menteri PPPA, Yohana Yembise atau akrab disapa Mama Yo saat menyapa pemudik, khususnya pemudik anak, perempuan dan disabilitas di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Kepala PT KAI Daop I Jakarta, Dadan Rudiansyah mengatakan PT KAI telah berupaya meningkatkan fasilitas stasiun dan kereta api demi keamanan dan kenyamanan penumpang, utamanya bagi anak, perempuan, dan disabilitas. Selain menambah jumlah tempat duduk yang representatif di ruang tunggu penumpang, PT KAI juga telah menyediakan ruang menyusui, ruang medis, dan ruang bermain bagi anak.

Yohana  mengaku melihat adanya perubahan besar, terutama untuk fasilitas Stasiun Pasar Senen yang ramah perempuan dan anak dan mendapat respon baik dari para calon penumpang kereta . “Adanya klinik steril ber-AC, tenaga medis profesional, dan obat-obatan lengkap tersedia. Saya juga sangat senang dengan tersedianya ruang laktasi. Tadi saya juga sempat berbincang dengan seorang ibu menyusui di ruang laktasi. Hal ini merupakan salah satu bentuk hak perempuan yang harus diperhatikan dan dipenuhi,” tutur Menteri Yohana.

Dalam kunjungannya, Menteri Yohana mengapresiasi kinerja PT KAI dan menghimbau agar para pemudik mengutamakan keamanan dan kenyamanan anak – anaknya saat perjalanan, serta mengajak kaum laki – laki untuk menjaga perempuan agar terhindar dari kekerasan.

“Saya merasa salut dan mengapresiasi kinerja PT KAI yang telah memperhatikan anak dan perempuan dengan menyediakan fasilitas stasiun yang responsif gender, serta memberikan perlindungan khusus dan tumbuh kembang anak melalui ruang laktasi dan klinik. Saya juga mengimbau agar para pemudik lebih memperhatikan hak anak. Jagalah mereka, jangan dibiarkan berkeliaran, pastikan anak menikmati perjalanan dengan rasa aman dan nyaman, dan memantau kesehatan mereka. Pastikan anak juga kembali ke tempat asal untuk kembali bersekolah dengan bahagia. Saya juga berpesan kepada kaum laki – laki untuk menjaga perempuan dalam situasi mudik agar bebas dari segala bentuk kekerasan fisik, psikis, seksual. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga tercinta,” tutup Menteri Yohana.

PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN
DAN PERLINDUNGAN ANAK
Telp.& Fax (021) 3448510,    
e-mail : publikasi@kemenpppa.go.id                      www.kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Senin, 24 Februari 2020

Peran Serta Dunia Usaha, Dorong Hak Anak Terpenuhi (25)

Kemen PPPA meresmikan Gerai Starbucks Community Store pertama di Indonesia di Pasar Tanah Abang,
Siaran Pers, Minggu, 23 Februari 2020

Menteri Bintang : Perempuan Harus Mandiri dan Berdaya, Kunci Wujudkan Generasi Unggul! (37)

“Bangsa ini akan maju jika perempuan Indonesia dapat berdaya, memiliki akses untuk berpartisipasi aktif dalam masyarakat, mempunyai kontrol atas berbagai…
Siaran Pers, Sabtu, 22 Februari 2020

Pedofil Anak Makin ‘Merajalela’, Kemen PPPA: Berikan Efek Jera pada Pelaku (78)

Jakarta (22/02) - Beberapa hari lalu, publik kembali dibuat geram dengan terkuaknya kasus pedofil anak sesama jenis dan eksploitasi seksual…
Siaran Pers, Jumat, 21 Februari 2020

Angka Pekerja Migran Indonesia di Lombok Tengah Tinggi,  Kemen PPPA Perkuat Pembinaan Keluarga (60)

Jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kota Lombok Tengah dan Provinsi NTB tergolong besar. Hal ini menimbulkan berbagai permasalahan terkait…
Siaran Pers, Jumat, 21 Februari 2020

Resmikan UPTD PPA di NTB, Menteri Bintang Apresiasi Pemerintah Provinsi (39)

“Berdasarkan data Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMFONI PPA), per 15 Januari 2020, jumlah laporan kasus kekerasan terhadap…