70 Tahun Kerjasama Indonesia – Filipina : Perkuat Bidang Ekonomi, Pendidikan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

  • Dipublikasikan Pada : Rabu, 19 Juni 2019
  • Dibaca : 1053 Kali
...

Jakarta (18/6) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise menghadiri perayaan peringatan Hari Kemerdekaan Filipina ke - 121, dan peringatan hubungan diplomatik Indonesia – Filipina ke- 70 di Jakarta. Pada acara ini, Menteri Yohana berharap Indonesia dan Filipina dapat meningkatkan dan memperkuat hubungan bilateral di bidang ekonomi, pariwisata, pendidikan, pemberdayaan perempuan, kesetaraan gender, dan perlindungan anak.

“Indonesia dan Filipina merupakan negara sesama anggota ASEAN yang telah membangun kerjasama selama 70 tahun di tingkat bilateral, regional, dan multilateral. Baik itu fokus dalam memajukan ekonomi, kesetaraan gender, pendidikan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di kedua negara. Indonesia berkomitmen untuk memperkuat ikatan persahabatan dan kerjasama dengan Filipina agar saling menguntungkan dalam mewujudkan berbagai potensi di bidang kerjasama,” ungkap Menteri PPPA, Yohana Yembise dalam sambutannya.

Menteri Yohana  menambahkan bahwa dalam 5 tahun terakhir, telah terjadi peningkatan signifikan terkait kerjasama kedua negara di bidang ekonomi. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pada 2018 terdapat peningkatan sebanyak 4% atau sejumlah US $ 7,78 miliar dalam perdagangan bilateral. Begitu halnya di bidang pariwisata dan investasi, juga berkembang pesat. Ia merasa bangga dan yakin bahwa kerjasama tersebut akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang.

Duta Besar Republik Filipina untuk Indonesia, Leehiong T. Wee mengungkapkan bahwa Indonesia bukan hanya sekedar negara tetangga bagi Filipina. Namun, Indonesia merupakan sahabat bagi Filipina dalam menjaga perdamaian dan stabilitas regional dengan memperkuat hubungan bilateral kedua negara. Leehiong juga berharap kedua negara dapat bekerjasama di berbagai bidang, seperti ekonomi, pariwisata, pendidikan, medis, kesetaraan gender dan lainnya untuk mewujudkan tujuan bersama di forum regional dan multilateral.

“Saya mewakili Pemerintah dan rakyat Indonesia, mengucapkan selamat kepada seluruh rakyat Filipina dan semoga kedamaian dan kemakmuran selalu menyertai Filipina untuk seterusnya. Saya juga berharap semoga hubungan persahabatan dan kerjasama antara kedua negara dapat semakin kuat dan terus berlanjut. Saya yakin Indonesia dan Filipina akan terus bergerak bersama membangun hubungan bilateral yang kuat demi kepentingan rakyat,” ujar Menteri Yohana.

Menteri Yohana juga mengungkapkan bahwa ia sangat kagum dan tertarik dengan proses pendidikan yang diterapkan di Filipina khususnya bagi para perempuan. Untuk itu, ia berharap Indonesia dapat berbagi pengalaman dengan Filipina terkait isu pemberdayaan perempuan, demi meningkatkan kemampuan dan kualitas para perempuan agar siap bersaing dalam era modern seperti saat ini. 

PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK                                                                                                     
Telp.& Fax (021) 3448510,
e-mail : publikasi@kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Selasa, 11 Agustus 2020

Menteri PPPA : Ajak Anak Praktikkan Nilai Pancasila dalam kehidupan Nyata (61)

Di tengah arus globalisasi yang kuat, ancaman intoleransi dan perpecahan, ideologi militan, serta ketidakadilan menjadikan tantangan tersendiri dalam menanamkan nilai-nilai…
Siaran Pers, Senin, 10 Agustus 2020

Optimalisasi Layanan JDIH, Kemen PPPA Sediakan Kemudahan Akses Produk Hukum terkait PPPA (85)

Jakarta (10/08) – Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) merupakan suatu sistem pemanfaatan bersama peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum…
Siaran Pers, Jumat, 07 Agustus 2020

Menteri PPPA: Perkawinan Anak Harus Dihentikan! (80)

Perkawinan bukanlah sekadar romantisme belaka
Siaran Pers, Kamis, 06 Agustus 2020

Menteri Bintang: Pengesahan RUU PKS Tidak Dapat Ditunda Lagi (61)

Jakarta (6/08) – Keputusan DPR RI untuk mengeluarkan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) dari daftar Program Legislasi Nasional…
Siaran Pers, Jumat, 07 Agustus 2020

Perempuan Setara, Perempuan Merdeka (127)

Jakarta (07/8) – Menteri PPPA Bintang Puspayoga meyakini jika peran perempuan dalam rangka mengisi kemerdekaan dan pembangunan sangat dibutuhkan.