PENGARUSUTAMAAN GENDER DAN PEMENUHAN HAK ANAK DALAM WUJUD KESEPAKATAN BERSAMA

  • Dipublikasikan Pada : Selasa, 23 Februari 2016
  • Dibaca : 2521 Kali
Kesepakatan bersama antara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan Kementerian Agama tentang pelaksanaan pengarusutamaan gender dan pemenuhan hak anak di bidang keagamaan
(Foto dan Teks: Asep Kosasih)
Senin (24/01), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menandatangani kesepakatan bersama dengan Kementerian Agama tentang pelaksanaan pengarusutamaan gender dan pemenuhan hak anak di bidang keagamaan.

Pada kesempatan ini, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar memberikan penjelasan bahwa sebagai tindak lanjut kesepakatan ini, bukan hanya tanggung jawab dari satu kementerian saja, namun diperlukan sinergitas, harmonisasi dan sinkronisasi dengan Kementerian/Lembaga lainnya. Sebagai contoh, "Di tempat-tempat ibadah seperti masjid, untuk perempuan agar tidak ditempatkan di lantai atas, hal ini akan membuat wanita hamil, anak-anak dan lansia kesulitan untuk beribadah".ujar Linda.

Dukungan positif dari Menteri Agama, Suryadharma Ali pun diucapkan pada sambutannya di acara Kesepakatan Bersama yang diadakan di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Senin sore. "Program-program yang berbasis keagamaan perlu diarahkan untuk menjembatani faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesenjangan gender dan pengabaian hak anak di bidang keagamaan" katanya.

Harapan kedepan, dapat diupayakan data terpilah untuk mengetahui kondisi dan posisi perempuan  dan laki-laki dan berbagai masalah yang dapat diketahui apakah ada atau tidaknya kesenjangan gender. Sehingga dapat menyelesaikan semua persoalan yang terkait dengan bidang keagamaan. (Hasaumi Mayaranti / Humas)

Publikasi Lainya

Pengumuman, Kamis, 03 Desember 2020

PENGUMUMAN Nomor: P.64 TAHUN 2020 TENTANG HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PELAMAR SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK TAHUN 2020 (96)

Berdasarkan hasil Seleksi Administrasi, nama-nama yang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya (berdasarkan urutan abjad) adalah sebagai berikut:
Siaran Pers, Rabu, 02 Desember 2020

Hari AIDS Sedunia : Kemen PPPA Ajak Masyarakat Jauhi Virusnya Bukan Orangnya (37)

Dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari AIDS Sedunia 2020 pada 1 Desember 2020, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA)…
Siaran Pers, Selasa, 01 Desember 2020

Menteri Bintang Berikan Penghargaan API 2020 Kepada 8 Perempuan Berprestasi (215)

Jakarta (01/12) – Memasuki penghujung 2020, perhelatan bergengsi Anugerah Perempuan Indonesia (API) kembali digelar. Terlaksana untuk ke tujuh kalinya, penyelenggaraan…
Siaran Pers, Selasa, 01 Desember 2020

Menteri Bintang: Pembelajaran Tatap Muka Wajib Perhatikan ‘5 Siap’ (102)

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menyatakan ada banyak hal yang harus  dipertimbangkan dan dipersiapkan menyusul rencana…
Siaran Pers, Senin, 30 November 2020

Pendidikan Jalan Menuju Anak Disabilitas Mandiri dan Berdaya (65)

Jakarta (30/11) – Salah satu tugas negara adalah melindungi segenap warga negaranya tak terkecuali anak disabilitas