Pentingnya Bekali Calon PMI Perempuan dengan Penguatan Mental

  • Dipublikasikan Pada : Selasa, 26 November 2019
  • Dibaca : 575 Kali
...

Bekasi (23/11) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyelenggarakan Pelatihan Penguatan Mental Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) Perempuan kepada 104 peserta. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman calon PMI perempuan, meliputi perspektif gender, kontrak kerja dengan metode pelatihan partisipatif.

“Kemen PPPA sangat memperhatikan penguatan mental Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) karena kesiapan mental para CPMI sangatlah penting sebagai bekal untuk bekerja di luar negeri. Kesiapan mental membutuhkan adaptasi dengan pekerjaan, lingkungan, komunikasi, dan adat kebiasaan yang baru,” ungkap Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan dalam Ketenagakerjaan, Rafail Walangitan pada sambutannya di acara Pelatihan Penguatan Mental CPMI yang juga dihadiri Ketua AP2TKI LN, Direktur Pemberangkatan BNP2TKI, dan wakil dari Kementerian Luar Negeri.

Pelatihan Penguatan Mentel CPMI ini merupakan angkatan ke empat dari kegiatan rutin yang dilakukan pada 2019. Program ini bertujuan untuk menambah wawasan ilmu dari CPMI sebelum sampai ke negara tujuan. Melalui kegiatan ini, Kemen PPPA berupaya untuk memberikan perlindungan bagi kaum perempuan secara umum khususnya bagi CPMI yang berniat bekerja ke luar negeri.

“Pada pelatihan ini, CPMI akan mendapatkan bimbingan di dalam kelas yang sifatnya diskusi, interaksi, menggali potensi diri. Selain itu, kegiatan ini diciptakan untuk mempersiapkan perempuan yang bekerja ke luar negeri. Skill-skill yang dibutuhkan seperti menjaga bayi, bagaimana bertutur kata yang sopan dengan baik, dan skill lainnya,” tutur Rafail.

Rafail juga berharap pada pelatihan ini, para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik sebagai modal kuat agar siap bekerja di luar negeri. “Siapkan dokumen pendukung, mental, dan fisik agar kalian dapat bekerja di luar negeri dengan sukses dan mampu kembali ke Indonesia dengan aman,” pungkas Rafail.

    
 PUBLIKASI DAN MEDIA
  KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN  PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK
                                                                                                         Telp.& Fax (021) 3448510,
                                                                                        e-mail : publikasi@kemenpppa.go.id
www.kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Senin, 10 Agustus 2020

Optimalisasi Layanan JDIH, Kemen PPPA Sediakan Kemudahan Akses Produk Hukum terkait PPPA (2)

Jakarta (10/08) – Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) merupakan suatu sistem pemanfaatan bersama peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum…
Siaran Pers, Jumat, 07 Agustus 2020

Menteri PPPA: Perkawinan Anak Harus Dihentikan! (67)

Perkawinan bukanlah sekadar romantisme belaka
Siaran Pers, Kamis, 06 Agustus 2020

Menteri Bintang: Pengesahan RUU PKS Tidak Dapat Ditunda Lagi (51)

Jakarta (6/08) – Keputusan DPR RI untuk mengeluarkan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) dari daftar Program Legislasi Nasional…
Siaran Pers, Jumat, 07 Agustus 2020

Perempuan Setara, Perempuan Merdeka (111)

Jakarta (07/8) – Menteri PPPA Bintang Puspayoga meyakini jika peran perempuan dalam rangka mengisi kemerdekaan dan pembangunan sangat dibutuhkan.
Siaran Pers, Jumat, 07 Agustus 2020

Lindungi Korban dan Tindak Tegas Pelaku Kekerasan Seksual, Kemen PPPA Dorong Pembahasan RUU PKS yang Komprehensif (146)

“Saat ini, kasus kekerasan seksual terus meningkat dengan bentuk dan pola yang semakin beragam. Kekerasan seksual sudah masuk dalam tahap…