Piala MERAK 2019, Bentuk Apresiasi Kemen PPPA pada Media

  • Dipublikasikan Pada : Senin, 09 Desember 2019
  • Dibaca : 506 Kali
...

 

Siaran Pers Nomor: B-326/Set/Rokum/MP 01/12/2019

 

Jakarta (9/11) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Bintang Puspayoga memberikan penghargaan Piala Merak (Media Ramah Anak) Tahun 2019 kepada sejumlah media serta wartawan yang menginspirasi 2019. Malam penganugerahan ini merupakan acara puncak dari rangkaian Media Kompetisi 2019 yang telah diselenggarakan untuk kedua kalinya sebagai wujud apresiasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) kepada media yang telah berpartisipasi dan berkontribusi dalam upaya sosialisasi dan edukasi pemenuhan hak anak dan menjadikan kepentingan terbaik anak sebagai jantung kerja jurnalistik. 

“Selamat pada media dan wartawan yang menerima penghargaan Piala MERAK 2019. Saya berharap penghargaan yang diterima mampu menjadi motivasi untuk lebih maju lagi bekerja dalam melindungi anak Indonesia. Penganugerahan ini diharapkan juga menjadi inspirasi bagi rekan media dan jurnalis lain untuk lebih memperhatikan secara serius pemenuhan hak anak, utamanya dalam hal penyajian pemberitaan dan informasi anak guna mendorong terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA) Tahun 2030,” ujar Menteri Bintang. 

Media Kompetisi 2019 yang telah berlangsung pada September-November 2019 ini dibagi menjadi tiga mata lomba, yakni lomba penulisan artikel, fotografi, dan video feature. Selain itu, juga diberikan penghargaan khusus bagi Media Menginspirasi dan Wartawan Menginspirasi. Dalam rangka mensosialisasikan peran keluarga dalam perlindungan anak, Kemen PPPA mengusung tema "Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak Menuju Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030”. Proses penjurian seluruh lomba telah dilakukan selama bulan November 2019. Dewan juri terdiri dari para pakar telah melakukan pleno dan memutuskan 3 pemenang untuk setiap mata lomba. Dewan juri antara lain terdiri dari Lenny N. Rosalin, Masmimar Mangiang, Sonya Hellen Sinombor, Arbain Rambey, Irwan Rinaldi, Teddy Ichsan Arifin, dan Prisca Niken.

Sementara itu, Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak, Kemen PPPA, Lenny N Rosalin, menuturkan melalui kegiatan ini diharapkan agar media selalu melakukan edukasi kepada masyarakat tentang perlindungan anak. “Melalui acara ini, Saya berharap media akan selalu bergerak untuk menyuarakan pentingnya peran keluarga dalam upaya pemenuhan hak anak, juga menjadi inspirasi bagi masyarakat umum bahwa keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak” jelasnya.

Acara penganugerahan Piala MERAK 2019 diawali dengan sesi diskusi yang mengangkat tema Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak dalam Perspektif Jurnalistik, yang menghadirkan Lenny N Rosalin, Antropolog dari Universitas Indonesia, Semiarto Aji, Wartawan LKBN Antara, Dewanto, dan testimoni Shahnaz Haque sebagai seorang ibu.

Selain memberikan penghargaan kepada pemenang lomba artikel, fotografi, dan video feature pada Media Kompetisi 2019, Kemen PPPA juga memberikan penghargaan kepada media dan wartawan menginspirasi yang menjadikan kepentingan terbaik anak sebagai jantung kerja jurnalistik. Melalui Malam Penganugerahan Piala MERAK 2019, media serta masyarakat diharapkan dapat berkontribusi pada upaya sosialisasi dan edukasi dalam pemenuhan hak anak. 

“Dalam pemenuhan hak anak tidak cukup sebatas teori tapi butuh implementasi dan sinergi dengan seluruh pihak termasuk media. Kita semua tahu media memilki kelebihan yakni dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, media juga sangat efektif untuk mempublikasikan dan mengkampanyekan pemenuhan hak dan perlindungan khusus bagi anak-anak kita, termasuk pencegahan terhadap banyaknya praktik-praktik kekerasan terhadap anak, perkawinan anak, perdagangan anak, dan pelecehan terhadap anak, karena hampir semua orang mempunyai akses dalam memperoleh informasi lewat media terutama media online. Untuk itu, mari kita bergandengan tangan untuk menghasilkan informasi layak anak dan menyebarluaskannya melalui media,” tutup Menteri Bintang.  

*

Daftar penerima penghargaan Piala MERAK 2019

Kategori Fotografi
Juara 1:    Mukti Ali Asyadzili – Kantor Berita Antara – Ayah dan Anak Indonesia
Juara 2:    Cornelius Helmy – Harian Kompas – Noken untuk Masa Depan Anak Papua
Juara 3:    Agus Bagjana – Posmetro Batam – Wisata  Sejarah

Kategori Artikel
Juara 1:    Riki Chandra – Langgam.id – Merawat Literasi Kampung Baca Bukik Ase
Juara 2: Wahyu Kuncoro – Harian Bhirawa – Kampung Pendidikan Menggeliat Budaya Literasi
Juara 3:    Aan Haryono – Sindonews.com – Kolaborasi Jadi Kunci 

Kategori Video Feature
Juara 1:    Adeste Adipriyanti – Narasi TV – Mengabdi Tanpa Henti
Juara 2:    Windy Goestiana -- Berita Anak Surabaya (BASRA) – Tak Menghentikan Adelina Berkarya
Juara 3:    Rafik Maeilana – Narasi TV – Izinkan Mereka Bermimpi

Kategori Wartawan Menginspirasi
1. Lita Haryani – SCTV – Founder Komunitas Kelana
2. Widi Nurmahmudy – Jatimplus.id – Founder Kampung Batara
3. Darsono Yusin Sali – Suara NTB – Pencegahan Pemberantasan dan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika

Kategori Media Menginspirasi
1. Harian Kompas
2. Antara
3. Suara.com


PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN 
DAN PERLINDUNGAN ANAK 
Telp.& Fax (021) 3448510, 
e-mail : publikasi@kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Minggu, 12 Juli 2020

HAN 2020: Menteri PPPA Apresiasi Sinergi Dinas PPPA di Daerah dalam Pemberian Serentak Paket Pemenuhan Kebutuhan Spesifik Anak (119)

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga memberikan apresiasi tinggi kepada Dinas PPPA di provinsi dan kabupaten/kota yang…
Siaran Pers, Sabtu, 11 Juli 2020

HAN 2020, Kemen PPPA Serahkan Paket Pemenuhan Kebutuhan Spesifik Anak Serentak di Seluruh Indonesia (94)

Hari Anak Nasional tahun ini mengangkat tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju.
Siaran Pers, Jumat, 10 Juli 2020

Kesehatan Mental Anak Rentan Selama Pandemi, Hadirkan Informasi Digital Menarik dan Menghibur Anak (75)

Pandemi Covid-19 dapat memperburuk keadaan dan kondisi mental seseorang termasuk anak karena anak cenderung mengalami depresi dan kecemasan. "Anak dan…
Siaran Pers, Jumat, 10 Juli 2020

Ungkap Kasus Eksploitasi Ekonomi dan Seksual terhadap 305 Anak, Kemen PPPA Apresiasi Polda Metro Jaya dan Siap Lakukan Pendampingan Anak dalam Proses Peradilan (158)

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) mengapresiasi upaya Polda Metro Jaya dalam mengungkap kasus tindak pidana eksploitasi ekonomi…
Siaran Pers, Kamis, 09 Juli 2020

Hibur Anak Korban Bencana di Lebak, Menteri Bintang : Anak Harus Gembira Sambut Hari Anak Nasional (82)

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengungkapkan anak-anak yang menjadi korban bencana banjir dan longsor di Kabupaten…