Menteri PPPA Kunjungi LPKA dan Lapas Perempuan Di Kota Tomohon

  • Dipublikasikan Pada : Kamis, 21 Oktober 2021
  • Dibaca : 146 Kali
...

Siaran Pers Nomor: B-388/SETMEN/HM.02.04/10/2021

 

Tomohon, Sulut (21/10) – Dalam rangka kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Utara, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga melakukan anjangsana di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Tomohon dan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II-B Manado di Tomohon, Selasa (19/10).

Di LPKA, Menteri Bintang menyaksikan proses vaksinasi 26 anak dan pelatihan pembuatan minyak goreng bebahan dasar kelapa bagi anak binaan. Dalam kesempatan itu, Menteri Bintang juga menyempatkan berkeliling di area pelatihan pembuatan minyak goreng didampingi Wali Kota Tomohon Caroll Senduk, Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut, Ketua Tim penggerak PKK Prov. Sulawesi Utara Rita Tamuntuan, Kepala Dinas PPPA Prov. Sulawesi Utara Kartika Devi Tanos, serta Kepala LPKA Kelas II Tomohon.

“Saya meninjau proses pemberian vaksinasi Covid-19 dan melihat perkembangan anak-anak yang ada di LPKA semangatnya luar biasa. Terkait pelatihan bagi anak binaan, saya mengapresiasi setinggi-tingginya karena di sini sudah dibangun sinergi yang baik antara LPKA dengan Pemrov Sulawesi Utara, dan Kota Tomohon untuk memberikan pendampingan yang semaksimal mungkin kepada anak-anak yang ada di LPKA,” ujar Menteri Bintang.

Menteri Bintang menekankan selain mengutamakan kesehatan anak binaan dengan memastikan setiap anak menerima vaksin Covid-19, masuknya anak di LPKA juga harus jadi evaluasi bersama bagi seluruh pihak utamanya dalam memberikan perlindungan khusus sehingga mereka tidak kembali berhadapan dengan hukum.

“Bagaimana ini adalah akhir, cukup sekali saja dan jangan sampai mereka kembali lagi ke tempat ini. Untuk bisa terealisasi maka pendampingan kepada anak harus dimaksimalkan. Kalau bisa Kalapas mendata dan asesmen ulang talenta dan skill mereka. Kalau pendampingan berdasarkan hasil (asesmen) itu, akan jauh lebih cepat dan baik hasilnya,” tegas Menteri Bintang.

Usai itu, Menteri Bintang kemudian meninjau lokasi Lapas Perempuan Kelas II-B Manado untuk melihat workshopkerajinan batik. Menteri Bintang mengaku kagum dengan kepiawaian dan hasil karya batik yang seluruh proses pengerjaannya dilakukan oleh warga binaan perempuan.

“Kita sudah melihat karya-karya mereka dan pengembangan motifnya sangat luar biasa. Saya himbau kepada Kepala LPP dan LPKA jika mau meningkatkan kualitas pendampingan kita akan bantu koordinasikan dengan kementerian dan lembaga dan terkait. Kami harapkan pendampingan warga binaan bisa lebih intens lagi dan menggali potensi untuk dikembangan. Kekuatan kita juga untuk mendapat hasil yang maksimal adalah dengan membangun sinergi dan berkolaborasi lintas stakeholder,” jelas Menteri Bintang.

Di LPKA Kelas II dan Lapas Perempuan Kelas II-B Manado, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) bekerjasama denga Artha Graha Peduli juga memberikan sejumlah paket kebutuhan spesifik perempuan dan anak. Paket kebutuhan spesifik anak diberikan kepada seluruh anak binaan berjumlah 40 orang, dan paket kebutuhan sepsifik bagi 3 (tiga) ibu hamil. Para perempuan warga binaan juga mendapat bantuan mesin jahit dan peralatan kecantikan (salon) dari Dinas PPPA Prov. Sulawesi Utara.

Menteri Bintang dalam kunjunganya di Kota Tomohon juga turut menghadiri Launcing Buku Profil Gender dan Anak Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2021 yang dikeluarkan oleh Dinas PPPA Prov Sulawesi Utara bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara. Menteri Bintang mengapresiasi upaya Prov Sulawesi Utara untuk mengumpulkan data terpilah, sehingga interfensi yang lebih baik dalam upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dapat dilakukan.

 

BIRO HUKUM DAN HUMAS KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

Telp & Fax (021) 3448510,

e-mail : humas@kemenpppa.go.idwww.kemenpppa.go.id

 

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Rabu, 01 Desember 2021

Dare To Speak : Waspada Kekerasan Berbasis Gender Hingga Keamanan Digital ( 76 )

Jakarta (01/12) – Kekerasan berbasis gender (KBG) dapat terjadi di mana saja dan menimpa siapa saja. Saat ini kekerasan berbasis gender tidah…

Siaran Pers, Selasa, 30 November 2021

Tanggapi Kasus Pornografi Online, Kemen PPPA Tegaskan Pentingnya Pengawasan Orangtua ( 82 )

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menegaskan pentingnya peran orangtua dalam mengawasi konten yang diakses oleh anak di…

Siaran Pers, Selasa, 30 November 2021

Penuhi Hak Bermain Anak, Kemen PPPA Kembali Lakukan Standardisasi dan Sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak ( 138 )

Anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus dilindungi dan dipenuhi hak-haknya. Salah satu hak anak yaitu dapat bermain dan mengembangkan…

Siaran Pers, Senin, 29 November 2021

Cegah Kekerasan, Kemen PPPA Minta Pemda Lindungi Anak Disabilitas ( 111 )

Jakarta (29/11) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak meminta pemerintah daerah memberikan perhatian bagi anak disabilitas untuk mencegah anak mengalami…

Siaran Pers, Senin, 29 November 2021

Lembaga Penyiaran Ramah Anak, Dukung Pemenuhan Hak Anak ( 99 )

Pemenuhan hak anak atas informasi yang layak anak membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk media. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan…