Menteri PPPA: Bangga Pakai Batik, Perkuat Pemberdayaan Perempuan

  • Dipublikasikan Pada : Senin, 03 Oktober 2022
  • Dibaca : 198 Kali
...

Siaran Pers Nomor: B-494/SETMEN/HM.02.04/10/2022

 

Semarang (2/10) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) bersinergi dengan Pemerintah Kota Semarang, Bank Indonesia, dan Bank Negara Indonesia menyelenggarakan Batik Specta 1000 Gaya pada 1-9 Oktober 2022. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2022.

“Kalau kita bicara masalah batik, pasti berkaitan dengan dunia fashion yang pengrajinnya mayoritas adalah perempuan. Melalui kegiatan ini, dukungan yang luar biasa disampaikan untuk menguatkan pemberdayaan perempuan. Salah satu arahan Presiden Republik Indonesia kepada KemenPPPA adalah peningkatan pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan yang menjadi hulu untuk menyelesaikan masalah-masalah lainnya yang harus kita tangani, baik itu masalah pengasuhan, kekerasan, pekerja anak, bahkan pencegahan perkawinan anak,” ujar Menteri PPPA, di kawasan Kota Lama Semarang, Sabtu (1/10).

Menteri PPPA menyebutkan, masyarakat Indonesia patut bangga menggunakan batik. Pasalnya, batik merupakan warisan budaya Indonesia yang diakui secara nasional dan internasional. "Kita patut berbangga dan terus menjaga tetap lestari, salah satunya dengan mengenakan batik untuk berbagai acara dan kesempatan, sehingga menjadi penting bagaimana kita bergerak bersama untuk melestarikan batik," kata Menteri PPPA.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri PPPA juga menyampaikan apresiasi atas sinergi dan kolaborasi stakeholder yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan Batik Specta, termasuk melaksanakan sosialisasi isu perempuan dan anak. “Permasalahan perempuan dan anak sangat kompleks dan multi sektoral. Kekuatan kita adalah sinergi dan kolaborasi dalam kesempatan ini saya mengajak untuk membangun kekuatan, bangun komitmen bersama, dan bersinergi berkolaborasi untuk memberdayakan perempuan demikian juga dalam hal pemenuhan hak anak anak dan perlindungan anak,” tutur Menteri PPPA.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, di kawasan Kota Lama Semarang terdapat kampung tematik yang disebut sebagai Kampung Batik. Wilayah ini pun terus berkembang seperti Kampung Batik Malon, Kampung Batik 16, dan lain sebagainya. Menurutnya, hal ini mampu mendukung perkembangan perekonomian, khususnya melalui busana batik khas Kota Semarang.

“Arahan Presiden Republik Indonesia pada 29 September kita diminta untuk ikut menekan laju inflasi dengan cara bangga memakai buatan dalam negeri, bangga memakai busana-busana dalam negeri. Maka yang hadir di sini, jadilah ‘rojali’, yaitu rombongan jadi beli di kawasan Kota Lama,” pungkas Hendrar.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Menteri PPPA juga menyaksikan parade fashion batik nusantara, mulai dari batik Semarang, Solo, Yogyakarta, Pesisiran, Pekalongan, dan lain sebagainya. Kegiatan ini kembali dilanjutkan pada Minggu (2/10).

 

 

 

BIRO HUKUM DAN HUMAS

KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

DAN PERLINDUNGAN ANAK

Telp.& Fax (021) 3448510

e-mail : humas@kemenpppa.go.id

website : www.kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Sabtu, 26 November 2022

Menteri PPPA Lakukan Kick Off Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Kampung Nelayan Jakarta Utara ( 49 )

Jakarta (26/11) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga melakukan kick off dimulainya Kampanye 16 Hari Anti…

Siaran Pers, Jumat, 25 November 2022

Dampingi Presiden Tinjau Lokasi Bencana di Cianjur,Menteri PPPA Tekankan Urgensi Penanggulangan Bencana Ramah Perempuan dan Anak ( 94 )

Cianjur (24/11) – Presiden Joko Widodo didampingi beberapa Menteri di Kabinet Indonesia Maju meninjau beberapa lokasi bencana gempa bumi di…

Siaran Pers, Jumat, 25 November 2022

Peringati 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16 HAKtP), Menteri PPPA Ajak Masyarakat Melawan dan Menolak Segala Bentuk Kekerasan terhadap Perempuan ( 205 )

Dalam rangka memperingati 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16 HAKtP) yang dilaksanakan setiap tanggal 25 November hingga 10 Desember,…

Siaran Pers, Jumat, 25 November 2022

KemenPPPA Tegaskan Peran Ulama Perempuan Ciptakan Peradaban Berkeadilan ( 116 )

Jepara (25/11) – “Meneguhkan Peran Ulama Perempuan untuk Peradaban yang Berkeadilan” menjadi tema dalam perhelatan Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI)…

Pengumuman, Kamis, 24 November 2022

Pengumuman Nomor: P. 15 /Setmen.Birosdmu/KP.03.01/11/2022 Hasil Seleksi Administrasi Pada Seleksi PPPK (Formasi Tenaga Kesehatan) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun Anggaran 2022 ( 1069 )

Pengumuman Panitia Seleksi Pengadaan PPPK Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun Anggaran 2022