CSW67: Menteri PPPA Pastikan Indonesia Berkontribusi Memajukan Refleksi Positif Perempuan dalam Islam

  • Dipublikasikan Pada : Jumat, 10 Maret 2023
  • Dibaca : 508 Kali
...

Siaran Pers Nomor: B-102/SETMEN/HM.02.04/3/2023

 

 

New York (9/3) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga berpartisipasi dalam rangkaian segmen tingkat tinggi pada Sidang Commission on the Status of Women (CSW) ke-67 di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat. Menteri PPPA menyampaikan statement Indonesia dalam Conference on “Women in Islam: Understanding the Rights and Identity of Women in the Islamic World” pada Rabu (8/3).

 

“Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia menjunjung tinggi partisipasi penuh perempuan dalam bermasyarakat serta memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan untuk mengakses hak-hak dasar lainnya. Perempuan mengisi 54,17 persen dari populasi di Indonesia. Undang-Undang Pemilu Indonesia pun mengamanatkan bahwa minimal 30 persen dari calon dan anggota parlemen harus diisi oleh perempuan. Tak hanya itu, 64 persen Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia, dimiliki dan dikelola oleh perempuan,” ujar Menteri PPPA.

 

Menteri PPPA menekankan, capaian positif yang terekam di dalam angka dan persentase tersebut bukanlah dari faktor kekosongan, melainkan dari kerja keras dan upaya berkelanjutan yang akan terus dijalankan oleh Pemerintah Indonesia dalam memastikan keterlibatan peran perempuan dan kesetaraan gender di berbagai aspek pembangunan serta sosial budaya. Terkait memahami hak dan identitas perempuan di dunia Islam, Menteri PPPA menyoroti 3 (tiga) poin pandangan Pemerintah Indonesia.

 

“Pertama, kita perlu membangun pola pikir yang memberdayakan perempuan dalam Islam. Sampai saat ini, sangat disayangkan, kita kerap menemukan pola pikir yang membatasi peran perempuan dalam bermasyarakat. Hal tersebut seringkali berasal dari budaya, tradisi, serta perbedaan interpretasi seseorang yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Pola pikir tersebut di bangun melalui pendidikan, advokasi, dan juga peningkatan kesadaran,” tutur Menteri PPPA.

 

Lebih lanjut, Menteri PPPA menyampaikan poin kedua, yakni menciptakan lingkungan yang memungkinkan bagi perempuan Muslim untuk menyalurkan dan memperlihatkan potensi-potensi luar biasa, terlebih Islam mengakui peran penting perempuan dalam bermasyarakat.

 

“Dalam konteks ini, kita harus mengejar reformasi dan penyesuaian struktural yang mempertimbangkan perspektif perempuan, termasuk memastikan akses yang setara terhadap pendidikan dan kesempatan ekonomi yang adil bagi semua,” ungkap Menteri PPPA.

 

Sementara itu, pada poin ketiga, Menteri PPPA mempertegas terkait penguatan koneksi secara regional maupun global untuk memberdayakan perempuan Muslim di seluruh dunia. Indonesia dengan bangga dan sukses menjadi tuan rumah dari berbagai program peningkatan kapasitas dan pemberdayaan ekonomi bagi perempuan, termasuk di dalam rangkaian tersebut adalah International Conference on Afghan Women’s Education yang diselenggarakan bersama Qatar di Bali pada Desember 2022 silam.

 

“Ketersediaan jaringan dan panggung yang lebih banyak bagi perempuan harus terus dibangun dan ditingkatkan, sehingga kontribusi, gambaran, serta wajah sesungguhnya dari perempuan Islam dapat dilihat kontribusinya bagi seluruh masyarakat yang damai, adil, dan inklusif,” kata Menteri PPPA.

 

Akhir kata, di dalam pernyataannya, Menteri PPPA menegaskan bahwa Indonesia siap untuk berkontribusi lebih banyak dalam memberdayakan dan memajukan refleksi positif perempuan di dalam kemasyarakatan Islam.

 

 

 

 

BIRO HUKUM DAN HUMAS

KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

DAN PERLINDUNGAN ANAK

Telp.& Fax (021) 3448510

e-mail : humas@kemenpppa.go.id

website : www.kemenpppa.go.id

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Selasa, 06 Juni 2023

Rapat Kerja dengan DPR RI, KemenPPPA Usulkan Penambahan Anggaran terkait Survey Perempuan dan Anak ( 4 )

Jakarta (6/6) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) melaksanakan Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI yang membahas…

Siaran Pers, Kamis, 08 Juni 2023

Perkuat Kualitas Data SIMFONI PPA, KemenPPPA Selenggarakan Bimtek Tingkat Provinsi se-Indonesia ( 6 )

Jakarta (8/6) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) kembali menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis SIMFONI PPA (Sistem Informasi Online…

Siaran Pers, Rabu, 07 Juni 2023

Menteri PPPA: Forum Kemitraan Perkuat Sinergi dan Kolaborasi, Hasilkan Keberhasilan Pembangunan PPPA ( 84 )

Jakarta (7/6) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menyambut baik komitmen sinergi dan kolaborasi organisasi perempuan,…

Pengumuman, Rabu, 07 Juni 2023

PENGUMUMAN  Nomor: P.  17 /Setmen.Birosdmu/KP.05.01/6/2023 TENTANG HASIL SELEKSI ASSESSMENT CENTER DAN JADWAL PELAKSANAAN WAWANCARA PADA SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA DI LINGKUNGAN Kemen PPPA TAHUN 2023 ( 376 )

PENGUMUMAN  Nomor: P.  17 /Setmen.Birosdmu/KP.05.01/6/2023 TENTANG HASIL SELEKSI ASSESSMENT CENTER DAN JADWAL PELAKSANAAN WAWANCARA PADA SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN…

Siaran Pers, Rabu, 07 Juni 2023

Kemenpppa Mengawal Pendampingan Anak Jambi yang Mencari Keadilan bagi Neneknya ( 123 )

Jakarta (6/6) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) terus memastikan pendampingan terhadap seorang anak SFA (15) yang mencari…