Selamat Datang Buat Darsem, TKI yang Lolos Hukuman Mati di Arab Saudi

  • Dipublikasikan Pada : Selasa, 23 Februari 2016
  • Dibaca : 1521 Kali

JAKARTA - Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar menyampaikan selamat datang kepada Darsem, tenaga kerja wanita yang lolos dari hukuman mati di Arab Saudi. "Kepada Darsem, kita menyampaikan selamat datang," kata Menteri Linda di Komplek Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu, terkait kepulangan Darsem dari Saudi Arabia pada Rabu Pagi (13/7).

Linda mengatakan, dirinya mengharapkan masyarakat dan media untuk memberikan kesempatan bagi Darsem guna menyembuhkan trauma dan shock yang dialaminya terlebih dahulu. "Penting kita berikan kesempatan bisa "recover" (sembuh) dulu dari shock yang dialami, tentu ada trauma juga dan ini juga perlu ada pemahaman dari masyarakat untuk memberikan kesempatan," katanya.

Ia menambahkan, kasus Darsem ini harus menjadi pelajaran bagi mereka yang ingin bekerja di luar negeri. Menurut dia, perlu adanya pemahaman sosial, budaya dan hukum yang memadai bagi mereka yang ingin bekerja ke luar negeri.

Sementara itu, Rabu (13/7), Darsem akan tiba di tanah air setelah dibebaskan dari hukuman pancung di Arab saudi. Darsem, buruh migran asal Kampung Truntum RT 9 RW 4, Desa Patimban, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, Jawa Barat, divonis hukuman mati oleh pengadilan Arab Saudi pada 6 Mei 2009 karena dinyatakan terbukti bersalah membunuh majikannya pada Desember 2007. Darsem mengaku pembunuhan terjadi karena membela diri saat akan diperkosa.

Berkat kerja sama antara pihak Lajnah Islah (Komisi Jasa Baik untuk Perdamaian dan Pemberian Maaf) Riyadh dan Pejabat Gubernur Riyadh, Darsem akhirnya dibebaskan setela mendapatkan maaf dari ahli waris korban dengan kompensasi membayar uang diyat sebesar 2 juta riyal atau sekitar Rp 4,7 miliar.

[sumber: republika.co.id]

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Minggu, 15 September 2019

Perkuat Kapasitas Auditor Demi Tingkatkan Program Responsif Gender di Sumatera Barat (41)

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyelenggarakan acara Penguatan Kapasitas Auditor Pengawas Daerah dalam Pelaksanaan Perencanaan dan Penganggaran…
Siaran Pers, Minggu, 15 September 2019

Perencanaan Pembangunan Butuh Suara dari Kelompok Anak (43)

Bali (15/9) – Tantangan perlindungan anak dalam pembangunan sangat beragam.
Siaran Pers, Sabtu, 14 September 2019

Forum Anak Bukan Organisasi Eksklusif (90)

Bali (14/9) – Ada satu syarat utama untuk menjadi anggota Forum Anak, yakni masih berusia anak atau di bawah 18…
Siaran Pers, Jumat, 13 September 2019

Perlindungan Setara bagi Anak Penyandang Disabilitas (82)

Disabilitas merupakan bagian dari keberagaman
Siaran Pers, Jumat, 13 September 2019

Tingkatkan Partisipasi Anak, Kemen PPPA Perkuat Peran Forum Anak (80)

Bali (13/09) – Partisipasi anak, merupakan satu dari 5 hak dasar anak yang terendah dalam hal pemenuhannya