Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Menerima Kunjungan Duta Besar Mexico

  • Dipublikasikan Pada : Selasa, 23 Februari 2016
  • Dibaca : 2069 Kali

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) Mexico untuk Indonesia HE. MS. Melba Pria, Rabu (16/12), di kantor KPP dan PA, Jakarta. Kunjungan kehormatan ini dalam rangka memperkenalkan diri sebagai Duta Besar Mexico untuk Indonesia dan dalam rangka untuk meningkatkan kerjasama bilateral kedua Negara, khususnya untuk mengidentifikasi peluang kerjasama di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam masa lima tahun mendatang. Turut mendampingi Menteri PP dan PA yaitu Sekretaris Menteri PP dan PA, Dr. Ir. Koensatwanto Inpasihardjo dan Kabag KLN, Ciput Purwianti.

Pada kesempatan tersebut, Menteri PP dan PA menyampaikan visi, misi, dan rencana strategis KPP dan PA dalam 5 tahun ke depan untuk memajukan kedudukan perempuan dalam rangka mewujudkan kesetaraan gender dan pemenuhan hak-hak anak serta perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan. Jumlah perempuan dan anak yang sangat besar, diperkirakan lebih dari 68% total jumlah penduduk, merupakan amanat yang sangat besar dan memerlukan kerjasama lintas bidang, baik di tingkat nasional, regional, dan internasional.

Di sisi lain Ms. Pria menyampaikan bahwa Mexico juga menggunakan strategi pengarusutamaan gender (PUG) dan anggaran yang responsive gender (ARG) secara nasional dan tingkat provinsi dan distrik. Indikator target pembangunan nasional dijadikan sebagai benchmark bagi para Gubernur dan Walikota sebagai acuan indikator kinerjanya. Seluruh Gubernur dan Walikota didorong untuk mencapai target yang lebih tinggi dari target nasional, jika tidak mampu maka kinerjanya dianggap buruk, Selain itu, Meksiko juga bangga dengan kebijakan dan mekanisme perlindungan bagi warga negaranya, utamanya para pekerja migrant dan keluarganya.

Pada akhir pertemuan, kedua belah pihak sepaham untuk masing-masing menelaah dan mengidentifikasi peluang-peluang kerjasama strategis kedua Negara di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.(CP).

 

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Selasa, 11 Agustus 2020

Menteri PPPA : Ajak Anak Praktikkan Nilai Pancasila dalam kehidupan Nyata (64)

Di tengah arus globalisasi yang kuat, ancaman intoleransi dan perpecahan, ideologi militan, serta ketidakadilan menjadikan tantangan tersendiri dalam menanamkan nilai-nilai…
Siaran Pers, Senin, 10 Agustus 2020

Optimalisasi Layanan JDIH, Kemen PPPA Sediakan Kemudahan Akses Produk Hukum terkait PPPA (85)

Jakarta (10/08) – Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) merupakan suatu sistem pemanfaatan bersama peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum…
Siaran Pers, Jumat, 07 Agustus 2020

Menteri PPPA: Perkawinan Anak Harus Dihentikan! (80)

Perkawinan bukanlah sekadar romantisme belaka
Siaran Pers, Kamis, 06 Agustus 2020

Menteri Bintang: Pengesahan RUU PKS Tidak Dapat Ditunda Lagi (61)

Jakarta (6/08) – Keputusan DPR RI untuk mengeluarkan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) dari daftar Program Legislasi Nasional…
Siaran Pers, Jumat, 07 Agustus 2020

Perempuan Setara, Perempuan Merdeka (128)

Jakarta (07/8) – Menteri PPPA Bintang Puspayoga meyakini jika peran perempuan dalam rangka mengisi kemerdekaan dan pembangunan sangat dibutuhkan.