Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Menerima Kunjungan Duta Besar Mexico

  • Dipublikasikan Pada : Selasa, 23 Februari 2016
  • Dibaca : 1518 Kali

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) Mexico untuk Indonesia HE. MS. Melba Pria, Rabu (16/12), di kantor KPP dan PA, Jakarta. Kunjungan kehormatan ini dalam rangka memperkenalkan diri sebagai Duta Besar Mexico untuk Indonesia dan dalam rangka untuk meningkatkan kerjasama bilateral kedua Negara, khususnya untuk mengidentifikasi peluang kerjasama di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam masa lima tahun mendatang. Turut mendampingi Menteri PP dan PA yaitu Sekretaris Menteri PP dan PA, Dr. Ir. Koensatwanto Inpasihardjo dan Kabag KLN, Ciput Purwianti.

Pada kesempatan tersebut, Menteri PP dan PA menyampaikan visi, misi, dan rencana strategis KPP dan PA dalam 5 tahun ke depan untuk memajukan kedudukan perempuan dalam rangka mewujudkan kesetaraan gender dan pemenuhan hak-hak anak serta perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan. Jumlah perempuan dan anak yang sangat besar, diperkirakan lebih dari 68% total jumlah penduduk, merupakan amanat yang sangat besar dan memerlukan kerjasama lintas bidang, baik di tingkat nasional, regional, dan internasional.

Di sisi lain Ms. Pria menyampaikan bahwa Mexico juga menggunakan strategi pengarusutamaan gender (PUG) dan anggaran yang responsive gender (ARG) secara nasional dan tingkat provinsi dan distrik. Indikator target pembangunan nasional dijadikan sebagai benchmark bagi para Gubernur dan Walikota sebagai acuan indikator kinerjanya. Seluruh Gubernur dan Walikota didorong untuk mencapai target yang lebih tinggi dari target nasional, jika tidak mampu maka kinerjanya dianggap buruk, Selain itu, Meksiko juga bangga dengan kebijakan dan mekanisme perlindungan bagi warga negaranya, utamanya para pekerja migrant dan keluarganya.

Pada akhir pertemuan, kedua belah pihak sepaham untuk masing-masing menelaah dan mengidentifikasi peluang-peluang kerjasama strategis kedua Negara di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.(CP).

 

Publikasi Lainya

Siaran Pers, Minggu, 15 September 2019

Perkuat Kapasitas Auditor Demi Tingkatkan Program Responsif Gender di Sumatera Barat (41)

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyelenggarakan acara Penguatan Kapasitas Auditor Pengawas Daerah dalam Pelaksanaan Perencanaan dan Penganggaran…
Siaran Pers, Minggu, 15 September 2019

Perencanaan Pembangunan Butuh Suara dari Kelompok Anak (43)

Bali (15/9) – Tantangan perlindungan anak dalam pembangunan sangat beragam.
Siaran Pers, Sabtu, 14 September 2019

Forum Anak Bukan Organisasi Eksklusif (90)

Bali (14/9) – Ada satu syarat utama untuk menjadi anggota Forum Anak, yakni masih berusia anak atau di bawah 18…
Siaran Pers, Jumat, 13 September 2019

Perlindungan Setara bagi Anak Penyandang Disabilitas (82)

Disabilitas merupakan bagian dari keberagaman
Siaran Pers, Jumat, 13 September 2019

Tingkatkan Partisipasi Anak, Kemen PPPA Perkuat Peran Forum Anak (80)

Bali (13/09) – Partisipasi anak, merupakan satu dari 5 hak dasar anak yang terendah dalam hal pemenuhannya