Membangun Wacana Publik Keterwakilan Perempuan di Parlemen Melalui Media Visit

  • Dipublikasikan Pada : Selasa, 23 Februari 2016
  • Dibaca : 1444 Kali

 

 

Jakarta (5/3) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar melakukan kunjungan ke Kompas TV sebagai bentuk Media Visit oleh Kementerian dalam menyampaikan isu- isu perempuan dan anak berikut dengan kebijakannya siang ini.

Pada kesempatan ini, Linda Gumelar menyampaikan strategi dari Kementerian PP dan PA dalam menyusun kebijakan-kebijakan yang dihasilkan untuk memberdayakan perempuan dan melindungi perempuan dan anak.

Diketahui, tahun 2014 merupakan tahun politik bagi Indonesia. Untuk itu Kementerian PP dan PA mendorong untuk keterwakilan perempuan di parlemen dapat dicapai dengan baik sehingga isu-isu perempuan dan anak dapat terakomodasi dengan baik.

"UU No. 8 tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD memberikan hak bagi perempuan dalam kepengurusan partai dan pengajuan bakal calon legislatif. Dimana Kepengurusan partai di semua tingkatan wajib mengakomodir sekurang-kurangnya 30% perempuan." ujar Linda Gumelar di depan jajaran Kompas TV.

Peningkatan kesadaran dan pembekalan politik dapat mendukung keterwakilan politik perempuan sehingga terbangun pentingnya eksistensi dan peran perempuan dalam bidang politik. Salah satu caranya adalah melalui kampanye publik yang intensif dengan memanfaatkan berbagai saluran komunikasi seperti media.

Berdasarkan hal ini, menjadi dasar kegiatan media visit kali ini dapat membangun wacana publik melalui program peningkatan partisipasi dan keterwakilan politik perempuan pada Pemilu 2014. Penyebaran informasi melalui media merupakan salah satu cara yang cukup efektif dalam membuka akses yang lebih luas dan komprehensif bagi perempuan yang berkecimpung dalam dunia politik.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang baik bagi seluruh media di indonesia termasuk Kompas TV dalam memberitakan informasi- informasi yang positif terutama dalam mendukung kesetaraan gender, perlindungan perempuan dan pemenuhan hak anak di Indonesia. [HM]

 

Publikasi Lainya

Pengumuman, Senin, 03 Agustus 2020

PENDAFTARAN ULANG PESERTA SELEKSI KOMPETENSI BIDANG PADA SELEKSI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK TAHUN ANGGARAN 2019 (156)

PENDAFTARAN ULANG PESERTA SELEKSI KOMPETENSI BIDANG PADA SELEKSI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK TAHUN ANGGARAN…
Siaran Pers, Minggu, 02 Agustus 2020

Kemen PPPA Beri Pemenuhan Kebutuhan Spesifik Perempuan dan Anak Korban Bencana Longsor dan Banjir Bandang di Masamba (64)

Masamba (02/8) –Bencana banjir bandang disertai tanah longsor terjadi di wilayah Luwu Utara, Sulawesi Selatan pada 13 Juli 2020. Banjir…
Siaran Pers, Kamis, 30 Juli 2020

Hari Dunia Anti Perdagangan Orang, Menteri Bintang: Lawan dan Akhiri Segala Bentuk Perdagangan Orang (70)

Jakarta (30/07) – Dalam rangka peringatan Hari Dunia Anti Perdagangan Orang, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga mengajak…
Siaran Pers, Rabu, 29 Juli 2020

Berantas Perdagangan Orang dengan Modus Eksploitasi Seksual di Media Daring, Kemen PPPA : Kenali Modusnya dan Pahami Perkembangan Teknologi (84)

Munculnya pemberitaan terkait kasus perdagangan orang dengan modus eksploitasi seksual anak di media daring (online) terhadap 305 anak yang dilakukan…
Siaran Pers, Rabu, 29 Juli 2020

Hilangkan Rasa Malu, Maksimalkan Pendampingan dan Perlindungan ABK Terhadap Covid-19 (72)

Orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus sebaiknya menghilangkan perasaan malu karena dapat menjadi kendala utama dalam pemenuhan kebutuhan dan perlindungan…