PENGUMUMAN Nomor: P. 25/Setmen.Birosdmu/KP.05.01/10/2023 TENTANG SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK TAHUN 2023

PENGUMUMAN
Nomor: P. 25/Setmen.Birosdmu/KP.05.01/10/2023
TENTANG
SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA
DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK
TAHUN 2023
Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun 2023, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020, dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah, dengan ini kami mengundang para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memenuhi syarat untuk mengikuti proses seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun 2023, dengan ketentuan sebagai berikut:
|
No. |
Nama Jabatan |
Tugas dan Fungsi |
|---|---|---|
|
1 |
Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Politik dan Hukum |
Tugas: melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan, pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, analisis, dan pelaporan pelaksanaan kebijakan pengarusutamaan gender bidang politik dan hukum. Fungsi:
|
|
2 |
Sekretaris Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan |
Tugas: melaksanakan koordinasi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi kinerja dan keuangan, serta pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan. Fungsi:
|
|
3 |
Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Kesetaraan Gender |
Tugas: melaksanakan perumusan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria, serta evaluasi kebijakan di bidang kesetaraan gender. Fungsi:
|
|
4 |
Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Perlindungan Hak Perempuan |
Tugas: melaksanakan perumusan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria, serta evaluasi kebijakan di bidang perlindungan hak perempuan Fungsi:
|
|
5 |
Kepala Biro Data dan Informasi |
Tugas: melaksanakan pengelolaan data dan informasi. Fungsi:
|
|
6 |
Asisten Deputi Perlindungan Anak Kondisi Khusus |
Tugas: melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan, pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, analisis, dan pelaporan pelaksanaan kebijakan perlindungan anak kondisi khusus. Fungsi:
|
|
NO |
NAMA JABATAN |
KEMAMPUAN TEKNIS |
|---|---|---|
|
1 |
Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Politik dan Hukum |
|
|
2 |
Sekretaris Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan |
|
|
3 |
Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Kesetaraan Gender |
|
|
4 |
Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Perlindungan Hak Perempuan |
|
|
5 |
Kepala Biro Data dan Informasi |
Mampu menjadi rujukan untuk pemecahan masalah pengelolaan data gender dan anak |
|
6 |
Asisten Deputi Perlindungan Anak Kondisi Khusus |
|
|
No |
Kegiatan |
Waktu |
|
1 |
Pengumuman |
6 – 20 Oktober 2023 |
|
2 |
Pendaftaran secara online dengan upload berkas |
9 – 23 Oktober 2023 |
|
3 |
Seleksi administrasi |
9 – 25 Oktober 2023 |
|
4 |
Penelusuran rekam jejak |
9 Oktober – 5 Desember 2023 |
|
5 |
Pengumuman hasil seleksi administrasi |
28 Oktober 2023 |
|
6 |
Seleksi penulisan makalah |
1 November 2023 |
|
7 |
Penilaian Makalah |
2 – 7 November 2023 |
|
8 |
Pengumuman hasil seleksi penulisan makalah |
9 November 2023 |
|
9 |
Seleksi Assessment Center |
13-16 November 2023 |
|
10 |
Pengumuman hasil seleksi Assessment Center |
29 November 2023 |
|
11 |
Presentasi Makalah dan Wawancara |
6 - 8 Desember 2023 |
|
12 |
Pengumuman Hasil Akhir |
11 Desember 2023 |
Catatan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu dan diinformasikan melalui website http://www.kemenpppa.go.id.
- JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA YANG AKAN DIISI MELALU SELEKSI TERBUKA PADA SAAT INI SEBAGAI BERIKUT:
- PERSYARATAN
- Persyaratan Umum
- Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil;
- Memiliki pangkat sekurang-kurangnya Pembina Tingkat I golongan ruang IV/b;
- Memiliki kualifikasi pendidikan minimal Sarjana atau Diploma IV;
- Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik;
- Memiliki Kompetensi Teknis, Manajerial, dan Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan yang ditetapkan;
- Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 5 (lima) tahun;
- Sedang atau pernah menduduki Jabatan Administrator atau Jabatan Fungsional jenjang Ahli Madya paling singkat 2 (dua) tahun.
- Telah mengikuti dan lulus Diklat Kepemimpinan Tingkat III bagi pejabat Administrator, atau Diklat yang setara untuk Jabatan Fungsional Ahli Madya;
- Usia maksimal 56 (lima puluh enam) tahun 0 (nol) bulan 0 (nol) hari pada tanggal 1 Februari 2024;
- Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba;
- Mendapat persetujuan/rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau Pejabat yang mendapat delegasi untuk itu;
- SKP dengan semua unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai Baik dalam dua tahun terakhir;
- Telah menyerahkan LHKPN atau LHKASN tahun terakhir;
- Telah menyerahkan SPT tahunan Tahun 2022;
- Tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah menjalani hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama 2 (dua) tahun terakhir, dan tidak sedang proses peradilan pidana;
- Tidak pernah melakukan kekerasan fisik, psikis, dan seksual;
- Berkomitmen untuk menandatangani Pakta Integritas;
- Mengajukan surat lamaran yang ditandatangani oleh Pelamar dan bermeterai Rp. 10.000,- yang ditujukan kepada Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun 2023;
- Melengkapi persyaratan lamaran berikut lampiran yang telah ditentukan.
- Persyaratan khusus
- Persyaratan Umum
- TATA CARA PENDAFTARAN DAN DOKUMEN PERSYARATAN
- Pengumuman dan pendaftaran dilakukan mulai tanggal 6 – 20 Oktober 2023 atau selama 15 hari kalender;
- Proses pendaftaran dilakukan dengan mengunggah (upload) dokumen kelengkapan administrasi dalam bentuk softcopy (scan) pada tautan https://bit.ly/DokumenSeleksiJPTPratama2023;
- Seluruh berkas lamaran diunggah (upload) dalam bentuk softcopy (scan) dengan format PDF (kecuali untuk foto dalam format jpg/jpeg).
- Dokumen berkas lamaran sebagai berikut:
- Surat lamaran yang ditandatangani oleh pelamar dan bermeterai Rp10.000,- sesuai format pada Lampiran I;
- Surat Persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau Pejabat yang mendapat pendelegasian, sesuai format Lampiran II;
- Daftar Riwayat Hidup lengkap, sesuai format Lampiran III;
- Surat pernyataan tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah menjalani hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama 2 (dua) tahun terakhir, dan tidak sedang dalam proses peradilan pidana dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang membidangi kepegawaian, sesuai format Lampiran IV;
- Surat keterangan tidak pernah melakukan kekerasan fisik, psikis, dan seksual yang ditandatangani oleh Pejabat Pembina Kepegawaian atau Pejabat yang Berwenang, sesuai format Lampiran V;
- KTP;
- Kartu NPWP;
- Pas photo terbaru berwarna ukuran 4x6 berlatar belakang merah;
- Ijazah yang dipersyaratkan;
- Surat Keputusan Pengangkatan dalam jabatan terakhir;
- Surat Keputusan Pangkat Terakhir;
- Penilaian Prestasi Kerja 2 tahun terakhir (tahun 2021 dan 2022) setiap unsur minimal bernilai Baik;
- Sertifikat Pendikan dan Pelatihan Kepemimpinan/Fungsional yang dipersyaratkan;
- Tanda bukti penyerahan LHKPN/LHKASN tahun terakhir;
- Tanda bukti penyerahan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Tahun 2022;
- Berkas lamaran disampaikan kepada Panitia Seleksi, dengan ketentuan:
- Surat lamaran beserta kelengkapannya di-upload ke dalam tautan berikut: https://bit.ly/DokumenSeleksiJPTPratama2023 dan ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun 2023.
- Surat Lamaran beserta kelengkapannya paling lambat diterima Panitia Seleksi pada tanggal 20 Oktober 2023 pukul 16.00 WIB.
- Seluruh pengumuman dan perkembangan tahapan seleksi akan disampaikan melalui website http://www.kemenpppa.go.id. Untuk itu peserta seleksi diharapkan untuk aktif mengakses website dimaksud;
- Bagi peserta yang lulus Assessment dan akan mengikuti tahap selanjutnya agar mengunggah (upload) dokumen tambahan dalam bentuk softcopy melalui https://bit.ly/BerkasKesehatanSeleksiTerbuka2023 paling lambat 4 Desember 2023 Pukul 16.00 WIB sebelum wawancara dilakukan. Adapun dokumen tambahan yang harus diunggah adalah scan Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah, yang terdiri dari:
- Surat Keterangan Sehat Jasmani dari Dokter;
- Surat Keterangan Sehat Rohani dari Dokter Jiwa/Psikiater; dan
- Surat Keterangan Bebas Narkoba yang lengkap dengan hasil pemeriksaan laboratorium dalam 1 (satu) bulan terakhir.
- Apabila kesulitan dalam proses pendaftaran secara online, dapat menghubungi layanan SDM Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak nomor telepon Sdri. Ety (081298426675).
- JADWAL TAHAPAN SELEKSI
- KETENTUAN LAIN-LAIN
- Satu orang peserta dapat melamar maksimal 2 (dua) jabatan;
- Berkas lamaran yang akan diproses adalah berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
- Selama proses seleksi, Pelamar tidak dipungut biaya dan panitia tidak menanggung biaya yang telah dikeluarkan oleh pelamar;
- Seluruh keputusan Panitia Seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Jakarta, 6 Oktober 2023
Ketua Panitia Seleksi,
Pribudiarta Nur Sitepu
NIP. 19660324 199103 1001
Download pengumuman di sini
- 2023-10-06
- Kunjungan : 3677
-
Bagikan: