• SAPA 129
Jika anda mengalami, melihat, mendengar dan mengetahui tindak kekerasan pada perempuan dan anak hubungi hotline SAPA 129 atau melalui whatsapp 08111-129-129
  • SAPA 129
  • BERANDA
  • PROFIL
    • Tentang Kami
    • Struktur Organisasi
    • Profil Pejabat
    • Statistik Pegawai
    • Logo
    • Sejarah
    • Kementerian
    • Deputi I
    • Deputi II
    • Deputi III
    • Deputi IV
    • Setmen
    • Inspektorat
    • KPAI
  • DATA & INFORMASI
    • Publikasi
    • Dokumen Perencanaan dan Anggaran
    • Dokumen Kinerja
    • Laporan Keuangan & BMN
    • Program Kerja Pengawasan
    • Data PP dan PA
    • Dinas PPPA
    • UPTD PPA
    • Siaran Pers
    • Berita Pemerintahan
    • Image Dan Video
    • Buku
    • Jurnal/Hasil Penelitian/Kajian
    • Infografis
    • Database Dinas PPPA
    • Tentang UPTD PPA
    • Prosedur Pembentukan
    • Struktur Organisasi
    • SDM UPTD PPA
    • Database UPTD PPA
    • Peta Persebaran
    • Image Galery
    • Iklan Layanan Masyarakat
    • Video Berita
    • Anak
    • Perempuan
    • Capaian Program
    • Provinsi
    • Kab/Kota
    • Provinsi
    • Kabupaten/Kota
    • Jabatan Fungsional
    • Jabatan Pelaksana
    • Provinsi
    • Kabupaten/Kota
    • Hotline
  • PROGRAM PP & PA
  • LAYANAN
  • RENCANA TERBIT
  • BERANDA
  • PROFIL
    • Tentang Kami
      • Logo
      • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Profil Pejabat
      • Kementerian
      • Deputi I
      • Deputi II
      • Deputi III
      • Deputi IV
      • Setmen
      • Inspektorat
      • KPAI
    • Statistik Pegawai
  • DATA & INFORMASI
    • Publikasi
      • Siaran Pers
      • Berita Pemerintahan
      • Image Dan Video
        • Image Galery
        • Iklan Layanan Masyarakat
        • Video Berita
      • Buku
      • Jurnal/Hasil Penelitian/Kajian
      • Infografis
        • Anak
        • Perempuan
        • Capaian Program
    • Dokumen Perencanaan dan Anggaran
    • Dokumen Kinerja
    • Laporan Keuangan & BMN
    • Program Kerja Pengawasan
    • Data PP dan PA
    • Dinas PPPA
      • Database Dinas PPPA
        • Provinsi
        • Kab/Kota
    • UPTD PPA
      • Tentang UPTD PPA
      • Prosedur Pembentukan
      • Struktur Organisasi
        • Provinsi
        • Kabupaten/Kota
      • SDM UPTD PPA
        • Jabatan Fungsional
        • Jabatan Pelaksana
      • Database UPTD PPA
        • Provinsi
        • Kabupaten/Kota
        • Hotline
      • Peta Persebaran
  • PROGRAM PP & PA
  • LAYANAN
  • RENCANA TERBIT
  • Home
  • List Pengumuman
  • PENGUMUMAN Nomor : P.01 TAHUN 2022 TENTANG SELEKSI TENAGA PENDUKUNG LAYANAN PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PER...

PENGUMUMAN Nomor : P.01 TAHUN 2022 TENTANG SELEKSI TENAGA PENDUKUNG LAYANAN PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK TAHUN 2022

 

PENGUMUMAN

Nomor : P.01 TAHUN 2022

TENTANG

SELEKSI TENAGA PENDUKUNG LAYANAN PERLINDUNGAN

PEREMPUAN DAN ANAK

DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK TAHUN 2022

 

 

Dalam rangka mendukung kelancaran tugas dan fungsi sebagai penyedia layanan rujukan akhir bagi perempuan korban kekerasan yang memerlukan koordinasi tingkat nasional, lintas provinsi, dan internasional juga sebagai penyedia layanan bagi anak yang memerlukan perlindungan khusus yang memerlukan koordinasi tingkat nasional dan internasional, bersama ini Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengundang Saudara/i yang berminat dan memenuhi syarat untuk mengisi lowongan Jasa Lainnya Tahun Anggaran 2022 dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. PERSYARATAN UMUM
  1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  2. Perempuan atau laki -laki;
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana yang dibuktikan melalui Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
  4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), siswa sekolah ikatan dinas pemerintah, dan tidak menjadi anggota pengurus partai politik dibuktikan dengan surat pernyataan calon pelamar bermaterai Rp.10.000;
  5. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan Surat Keterangan sehat dari Rumah Sakit Daerah/Pemerintah;
  6. Bebas dari Narkotika dan zat adiktif lainnya yang dibuktikan melalui surat keterangan dari Rumah Sakit Daerah/Instansi Pemerintah, jika sudah dinyatakan diterima;
  7. Memiliki Kartu BPJS Kesehatan Mandiri;
  8. Sanggup bekerja 40 jam dalam seminggu;
  9. Sanggup bekerja dalam Tim dengan format pembagian shift kerja;
  10. Bersedia ditugaskan diluar jam kerja sesuai kebutuhan;
  11. Memiliki kertertarikan pada isu perempuan dan/atau anak;
  12. Diutamakan berdomisili di wilayah aglomerasi DKI Jakarta;
  13. Diutamakan yang memiliki pengalaman di bidang pelayanan perlindungan perempuan dan anak.

 

JENIS PEKERJAAN : PEKERJA SOSIAL 3 (tiga) orang

Persyaratan khusus :

  1. Usia maksimal 35 tahun;
  2. Pendidikan minimal D IV/S1 (diutamakan jurusan Pekerjaan Sosial, Kesejahteraan Sosial, Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan);
  3. Memiliki kompetensi sebagai pekerja sosial terhadap isu perempuan;
  4. Memiliki sertifikat profesi pekerja sosial;
  5. Diutamakan memiliki sertifikat pelatihan penanganan kekerasan terhadap perempuan.

 

Uraian Pekerjaan :

  1. Melaksanakan penatausahaan kelengkapan administrasi pada kegiatan koordinasi persiapan penjangkauan kasus;
  2. Melakukan pendampingan kepada klien/korban terutama pelayanan kepada perempuan;
  3. Menganalisa serta mengevaluasi assessment masalah, kebutuhan korban, dan tindak lanjut atau respon yang harus diberikan;
  4. Membuat laporan secara berkala.

JENIS PEKERJAAN : PARAREGAL, 2 (dua) Orang

Persyaratan Khusus :

  1. Usia maksimal 35 tahun;
  2. Pendidikan minimal S1 Jurusan Hukum;
  3. Bagi S1 Hukum memiliki surat keterangan pengalaman kerja di bidang pendampingan hukum bagi penyintas kekerasan perempuan dan anak dari lembaga yang bertugas di bidang pendapingan hukum;
  4. Memiliki kompetensi sebagai tenaga pelayanan Pararegal terhadap isu Perempuan dan Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus;
  5. Diutamakan memiliki sertifikat pelatihan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak (KtP/A)/konvensi Hak Anak.

 

Uraian Pekerjaan :

  1. Melakukan pendampingan di Tingkat Kepolisian;
  2. Melakukan pendampingan di Pengadilan Negeri;
  3. Melakukan pendampingan Diversi;
  4. Melakukan konsultasi Hukum bagi Perempuan dan Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus dibawah supervisi Advokat.

JENIS PEKERJAAN : OPERATOR, 9 (sembilan) Orang

Persyaratan Khusus :

  1. Usia maksimal 35 tahun;
  2. Pendidikan minimal D3 semua jurusan;
  3. Mampu mengoperasikan komputer (minimal Microsoft Office);
  4. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tidak berlogat dan tidak cadel;
  5. Mampu bekerjasama dengan Tim;
  6. Diutamakan berpengalaman bekerja sebagai operator layanan service;
  7. Diutamakan mampu berbahasa Inggris aktif.

 

Uraian Pekerjaan :

  1. Menerima telepon yang masuk ke call center SAPA 129;
  2. Mendengarkan dengan baik aduan atau keluhan yang disampaikan oleh Klien/Pelapor;
  3. Merespon dan melayani pelapor dengan cepat dan ramah;
  4. Mencatat dan mengidentifikasi, permasalahan yang dihadapi oleh pelapor;
  5. Menghubungi konselor dan meneruskan informasi atau aduan terkait perempuan atau anak yang mengalami permasalahan.

JENIS PEKERJAAN : KONSELOR, 3 (tiga) Orang

Persyaratan Khusus:

  1. Usia maksimal 35 tahun;
  2. Pendidikan S1 Psikologi, S1 Kesejahteraan Sosial atau S1 Hukum Pidana;
  3. Mampu mengoperasikan komputer (Microsoft Office);
  4. Menguasai teknik-teknik konseling dan memiliki keterampilan dalam melakukan konseling;
  5. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik;
  6. Memiliki kesabaran dan empati tinggi serta dapat menjadi pendengar aktif;
  7. Dapat bekerja sama secara tim;
  8. Diutamakan pengalaman sebagai Konselor;
  9. Diutamakan mampu berbahasa Inggris dengan baik;
  10. Memiliki kemampuan dalam analisis kasus;
  11. Diutamakan memiliki pengetahuan mengenai isu-isu gender dan hak-hak perempuan dalam urusan pidana maupun perdata.

 

Uraian Pekerjaan :

  1. Menerima Pelapor yang membutuhkan layanan konseling baik pengaduan yang datang secara langsung maupun melalui telepon SAPA 129 (yang diarahkan oleh operator);
  2. Melakukan layanan konseling terhadap pelapor;
  3. melakukan pengukuran psikologis awal;
  4. Melakukan koordinasi dengan jejaring Kemen PPPA (Dinas PPPA, UPTD PPA, dan Dinas terkait di Daerah);
  5. Melakukan analisis kasus;
  6. Melaporkan hasil konseling kepada Manajer Kasus untuk rencana tindak lanjutnya.

JENIS PEKERJAAN : PENGOLAH DATA DAN INFORMASI 2 (dua) Orang

Persyaratan Khusus :

  1. Usia maksimal 35 tahun;
  2. Diutamakan laki-laki;
  3. Pendidikan S1 bidang Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer atau Ilmu Komputer, S1 Desain Grafis atau Desain Komunikasi Visual;
  4. Menguasai keterampilan mengolah data;
  5. Menguasai keterampilan desain grafis (infografis, videografis, animasi, dll);
  6. Menguasai keterampilan web programming;
  7. Menguasai keterampilan web desain;
  8. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik;
  9. Dapat bekerja sama secara tim;
  10. Diutamakan mampu berbahasa Inggris dengan baik;
  11. Diutamakan melampirkan portofolio;
  12. Diutamakan memiliki pengetahuan mengenai isu-isu gender dan hak-hak perempuan.

 

Uraian Pekerjaan :

  1. Mengelola data dan dokumen laporan pengaduan kasus agar aman dan dibutuhkan sewaktu-waktu;
  2. Mengelola data dan dokumen Survey Kepuasan Masyarakat;
  3. Melakukan entri data dan merapikan data pengaduan yang masuk;
  4. Melakukan entri data survey kepuasan masyarakat;
  5. Mengolah data yang masuk hingga menjadi dokumen data pelaporan pengaduan;
  6. Mengolah data survey kepuasan masyarakat hingga menjadi dokumen pelaporan indeks kepuasan masyarakat;
  7. Menampilkan data-data di maksud dalam bentuk infografis, videografis,animasi, dan bentuk digital lain.
  8. Menjaga keamanan dan kerahasiaan data korban.

 

 

 2.  WAKTU DAN TATA CARA PENDAFTARAN

Lamaran dapat dikirimkan melalui link pendaftaran berikut sesuai dengan  minat calon pelamar, sebagai contoh apabila calon pelamar memiliki minat pada Perlindungan anak, maka dapat memilih Layanan Perlindungan Khusus Anak (Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak) atau sebaliknya apabila memiliki minat pada Layanan Perlindungan Perempuan (Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan)

Calon Pelamar hanya diperbolehkan memilih salah satu dari link pendaftaran di bawah ini:

  1. Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak: https://bit.ly/seleksi-tenaga-pendukung-PKA
  2. Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan: https://bit.ly/PendaftaranTenagaLayananSAPA129Th2022

dengan melampirkan kelengkapan administrasi sebagai berikut:

  1. Membuat surat lamaran yang ditujukan kepada Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak atau Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (pilih salah satu);
  2. Motivation Letter mengenai peminatan posisi yang akan dilamar;
  3. Curriculum Vitae (CV);
  4. Surat Pernyataan bahwa yang bersangkutan tidak terdaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), siswa sekolah ikatan dinas pemerintah, dan tidak menjadi anggota pengurus partai politik;
  5. Fotocopy Kartu keanggotaan BPJS Kesehatan atau asuransi lainnya;
  6. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  7. Fotocopy Ijazah dan transkrip nilai;
  8. Fotocopy keahlian sesuai posisi yang diminati (apabila memiliki);
  9. Fotocopy Surat Keterangan Pengalaman Kerja (Referensi Pemberi Kerja/tugas, khusus bagi yang berpengalaman);
  10. Fotocopy sertifikat/Surat Keterangan pendukung lainnya;
  11. Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

 

3. JADWAL TAHAPAN SELEKSI

1.

Pendaftaran 

5 -7 Januari 2022

2. 

Seleksi Administrasi

10 - 12 Januari 2022

3.

Pengumuman hasil Seleksi Administrasi

14 Januari 2022

4.

Tes Kompetensi I

17 Januari 2022

5.

Tes Kompetensi II (FDG)

19 Januari 2022

6.

Wawancara

24-25 Januari 2022

7.

Pengumuman Hasil Akhir Seleksi

27 Januari 2022

 

 

4. KETENTUAN LAIN-LAIN

  1. Selama proses seleksi tidak dipungut biaya apapun.
  2. Rekruitmen ini diperuntukkan untuk tenaga SDM pelaksana layanan Perempuan dan Anak.
  3. Bagi pelamar yang lolos seleksi administrasi akan diumumkan melalui website resmi www.kemenpppa.go.id.
  4. Setiap pelamar, hanya dapat mendaftar 1 (satu) posisi
  5. Pelamar yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti tahapan Tes Kompetensi, FGD dan wawancara secara daring (online).
  6. Hasil keputusan panitia berlaku mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

 

Jakarta, 4 Januari 2022

Ketua Panitia

 

Maydian Werdiastuti

NIP : 196305091988112001

 

Silahkan download informasi pengumuman ini selengkapnya :

Pengumuman Tentang Seleksi Tenaga Pendukung Layanan PPA tahun 2022

  • 2022-01-04
  • Kunjungan : 35335
  • Bagikan:


Pengumuman Paling Banyak Dilihat

PENGUMUMAN NO 179 TAHUN 2019 TENTANG PELAKSANAAN C...
08-11-2019
185930
PENGUMUMAN Nomor: P. 4/Setmen.Birosdmu /KP.02.01/...
19-08-2024
164347
Pengumuman Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (...
14-09-2018
143744

Pengumuman Terbaru

Pengumuman Nomor 16 Tahun 2025 tentang Daftar Pese...
11-09-2025
4315
PENGUMUMAN Nomor: 15/SETMEN/KP.03.01/07/2025 Tenta...
22-07-2025
2422
PENGUMUMAN Nomor: 14/SETMEN/KP.03.01/07/2025 Tenta...
17-07-2025
1791

    Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak
    Jl. Medan Merdeka Barat No. 15, Jakarta 10110
    Pengaduan Pelayanan Publik

    Permohonan Informasi Publik

Hubungi Kami

  • (021) 3842638, 3805563

  • humas at kemenpppa.go.id

  • persuratan at kemenpppa.go.id

  • Lokasi
Peta Situs Prasyarat
Glosarium

© 2025 - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
Website ini dikelola oleh Kemenpppa RI. Kami berkomitmen melindungi privasi dan data pribadi Anda. Info lebih lanjut dapat mengunjungi halaman
Prasyarat Pengguna